Ahad 30 Nov 2014 22:36 WIB

Bungkam Southampton 3-0, City Dekati Chelsea

Gelandang Manchester City Frank Lampard (kanan) dipeluk James Milner usai membobol gawang Southampton dalam laga Liga Primer Inggris, Ahad (30/11).
Foto: Toby Melville/Reuters
Gelandang Manchester City Frank Lampard (kanan) dipeluk James Milner usai membobol gawang Southampton dalam laga Liga Primer Inggris, Ahad (30/11).

REPUBLIKA.CO.ID, SOUTHAMPTON–Manchester City menggantikan posisi Southampton di peringkat kedua klasemen Liga Primer Inggris. Ini setelah City berhasil mempermalukan Southampton 3-0 dalam lanjutan Liga Primer Inggris di Stadion St. Mary, Ahad (30/11).

City kini mengoleksi nilai 27, unggul satu angka atas Southampton yang turun di peringkat kedua. Sergio Aguero dkk kini hanya tertinggal enam angka dari pemuncak klasemen Chelsea.

The Citizens memang mendominasi laga sejak awal. Skuat asuhan Manuel Pellegrini menggedor lewat Sergio Aguero, Samir Nasri, Jesus Navas, Stevan Jovetic, dan Yaya Toure. Namun tidak ada gol tercipta pada babak pertama.

Kebuntuan baru terpecahkan enam menit babak kedua berjalan. Aguero yang kesulitan mencari celah di kotak penalti Southampton kemudian mengoperkan bola ke luar. Toure yang berlari kencang menyambut bola dengan tendangan menyusur tanah yang tak bisa ditahan kiper Fraser Forster.

The Saint tampaknya punya peluang untuk setidaknya menyamakan kedudukan setelah bek City Eliaqium Mangala mendapatkan kartu kuning kedua. Anak-anak asuh Ronald Koeman pun bernafsu menyerang untuk mencetak gol.

Inisiatif ini justru membuka celah di pertahanan Southampton. Lewat sebuah serangan balik, Frank Lampard yang masuk pada menit ke-65 membobol gawang tim tuan rumah sepuluh menit jelang waktu normal berakhir. Menerima operan dari James Milner di sisi kiri, Lampard melepaskan tendangan kerasnya dari luar kotak penalti. Ini gol ketiga Lampard untuk City di Liga Inggris musim ini setelah sebelumnya menjebol gawang mantan klubnya Chelsea dan Hull City.

City belum puas hanya unggul dua gol. Lewat skema serangan hampir mirip, giliran Gael Clichy yang mencatatkan namanya di papan skor. Menerima umpan Aguero dari sisi kiri, Clichy menaklukkan Forster dari jarak dekat. City pun membawa pulang tiga poin penting ke kota Manchester.

Susunan pemain: 

Southampton (4-3-3)

Fraser Forster; Nathaniel Clyne, Jose Fonte, Toby Alderweireld, Ryan Bertrand; Steven Davis (Emmanuel Mayuka (82'), Victor Wanyama, Morgan Schneiderlin (M Yoshida 46'); Sadio Mane (Shane Long 68'), Dusan Tadic, Graziano Pelle

Pelatih: Ronald Koeman

Manchester City (4-4-2)

Joe Hart; Pablo Zabaleta, Vincent Kompany, Eliaquim Mangala, Gael Clichy; Jesús Navas (Martin Demichelis 76'), Fernandinho, Yaya Toure, Samir Nasri (Frank Lampard 65'); Sergio Aguero, Stevan Jovetic (James Milner 55')

Pelatih: Manuel Pellegrini

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement