Kamis 11 Dec 2014 21:05 WIB
Piala AFF 2014

Taklukkan Vietnam, Malaysia Jumpa Thailand di Final Piala AFF 2014

Pemain Malaysia merayakan gol ke gawang Vietnam dalam semifinal leg kedua Piala AFF 2014.
Foto: Kham/Reuters
Pemain Malaysia merayakan gol ke gawang Vietnam dalam semifinal leg kedua Piala AFF 2014.

REPUBLIKA.CO.ID, HANOI--Malaysia memastikan tiket final Piala AFF Suzuki Cup 2014 dengan meyakinkan. Kalah 1-2 pada semifinal leg pertama, Malaysia membalikkan keadaan dengan menaklukkan Vietnam 4-2 di Stadion My Dinh, Hanoi, Kamis (11/12). Harimau Malaya lolos ke final dengan agregat 5-4.

Malaysia sudah membuat suporter Vietnam yang memadati Stadion My Dinh terdiam saat laga baru berjalan empat menit. Bek Ngoc Hai mengganjal gelandang Indra Putra di kotak terlarang. Wasit Jepang Toma Masaaki menghadiakan Malaysia tendangan penalti. Bek Safiq Rahim menunaikan tugasnya sebagai eksekutor untuk menaklukkan kiper Nguyen Manh.

Pada menit ke-15, salah pengertian antara Manh dan bek Van Bien membuat Idlan Talaha dengan mudah menjebol gawang kosong Vietnam. Akan tetapi enam menit berselang the Red Warriors memperkecil skor lewat titik putih. Striker senior Le Cong Vinh memperdayai kiper Farizal Marlias saat mengeksekusi penalti.

Namun Vietnam kembali tertinggal setelah bek tengah Tien Tanh membuat gol bunuh diri pada menit ke-29. Vietnam semakin terpuruk setelah Muhammad Shukor Adan mencetak gol dua menit menjelang jeda laga memanfaatkan sepak pojok.

Butuh tiga gol untuk lolos, Vietnam melancarkan serangan gencar pada babak kedua. Tapi hanya satu yang diraih pada 11 menit sebelum waktu normal berakhir melalui Chong Vinh.

Malaysia akan berhadapan dengan Thailand di partai puncak. Thailand menjadi tuan rumah leg pertama pada 17 Desember di Stadion Rajamangala. Tiga hari berselang, Malaysia menjamu Thailand di Stadion Shah Alam.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement