Sabtu 13 Dec 2014 20:10 WIB

Tim Sepak Bola Sumbar Tersingkir dari Semifinal PON Remaja

Red: M Akbar
logo pon remaja
Foto: ponremaja.com
logo pon remaja

REPUBLIKA.CO.ID, SIDOARJO -- Tim sepak bola Sumatera Barat gagal melaju ke babak semifinal setelah dikalahkan Maluku dengan skor 2-5 pada Pekan Olahraga Nasional (PON) Remaja I di Stadion Jenggolo, Sidoarjo, Jawa Timur, Sabtu(13/12).

Kedua kesebelasan yang sama-sama mengincar kemenangan itu bermain saling menyerang untuk merebut satu tiket ke babak semifinal. Sumbar yang sempat unggul lebih dulu, akhirnya harus menutup babak pertama dengan tertinggal 2-5.

Sumbar membuka skor melalui Agsha dimenit 13. Memanfaatkan umpan tarik Bimo Andeva, bek kanan Sumbar itu melakukan tendangan keras menyusur tanah dari luar kotak penalti.

Keunggulan Sumbar tidak bertahan lama. Maluku membalas di menit 17 melalui eksekusi tendangan bebas, Taufik. Dua menit kemudian, Bimo dan kawan-kawan berbalik tertinggal melalui gol Victor. Memanfaatkan longgarnya pertahanan sisi kiri Sumbar, Victor dengan mudah mengecoh kiper Rendy Sroyer. Skor 1 - 2.

Sumbar berhasil memperkecil ketertinggalan menjadi 2-3 melalui kapten kesebelasan, Fatkhurahman di menit 28. Tendangan bebasnya berhasil ditangkap penjaga gawang Maluku Utara, namun wasit menyatakan sudah melewati garis gawang.

Maluku Utara yang bermain dengan kolektifitas tim dan memanfaatkan kecepatan barisan pemain depannya, kembali mencetak gol. Kali ini pemain Maluku Utara, Anang Lestaluhu yang mencatatkan namanya di papan skor. Lestaluhu dengan tendangan keras kaki kirinya merobek jala gawang Rendy Sroyer di menit 44.

Sudah unggul empat gol, Maluku Utara tidak sedikitpun mengendorkan serangan. Sebaliknya, mental pemain-pemain Sumbar sudah rontok pasca gol kedua Maluku Utara. Maluku Utara yang unggul segalanya atas Sumbar kembali menambah gol di masa injuty time. Maluku Utara menutup babak pertama dengan kemenagan 5-2.

Pada babak kedua Sumbar kehilangan satu pemain di menit 75. Bimo Andeva mengalami cidera serius setelah berbenturan dengan pemain belakang Maluku Utara. Sumbar yang sudah melakukan tiga pergantian pemain tidak bisa memasukkan pengganti Bimo. Artinya, Sumbar harus bermain dengan sepuluh pemain.

Kalah jumlah pemain, berat bagi Sumbar untuk menciptakan gol. Sebaliknya, Maluku Utara tidak dapat memanfaatkannya untuk menambah gol. Maluku Utara menang 5-2 dan berhak melaju ke babak semifinal.

Pelatih Sumbar, Ivan Kurniawan menyebut, kekalahan anak asuhnya dipengaruhi perubahan jadwal. Sumbar yang awalnya direncanakan main pukul 13.00 WIB, berubah menjadi pukul 08.00 WIB. Namun, begitu, ia tetap mengapresiasi penampilan Fatkhurahman dan kawan-kawan.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement