Ahad 11 Jan 2015 00:11 WIB

Semua Tentang Nuno

Rep: Muhammad Iqbal/ Red: Didi Purwadi
Nuno Espirito Santos
Foto: ValenciaCF.com
Nuno Espirito Santos

REPUBLIKA.CO.ID, VIGO -- 4 Juli 2014. Kala itu, manajemen Valencia menunjuk Nuno Herlander Simoes Espirito Santo sebagai pelatih baru klub. Nuno menggantikan Juan Antonio Pizzi yang dipecat lantaran prestasi buruk Los Che pada musim 2013/2014.  

Pria berusia 40 tahun ini pun menandatangani kontrak dengan durasi setahun. Meski mengundang tanya, pemilihan Nuno sebagai nahkoda baru Valencia terasa wajar. Apalagi, jika melihat prestasinya bersama klub medioker di liga Portugal, Rio Ave, selama kurun waktu 2012-2014.

Setelah beradaptasi pada tahun pertama kepelatihan, Nuno, asli Portugal, menunjukkan tajinya setahun berselang. Rio Ave, tanpa diduga, dibawanya menembus final Piala Portugal dan Piala Liga Portugal. Selain itu, klub tersebut juga berhasil lolos ke Liga Europa untuk pertama kali sepanjang sejarah.  

Setelah memperoleh gambaran singkat perihal pencapaian sang pelatih, mari kita lihat hasil polesan Nuno bersama Valencia.  Sampai pekan ke 17 La Liga, Los Che berada di posisi keempat klasemen sementara dengan raihan 34 poin. Hasil dari sepuluh kemenangan, empat imbang serta trikekalahan.

Tertinggal lima angka dari pemuncak klasemen Real Madrid. Sedangkan di ajang Copa del Rey, Valencia telah menembus babak 16 besar. Kiprah apik Valencia diakui kapten Dani Parejo tak lepas dari keberadaan Nuno.

"Kuncinya adalah kami percaya dengan pelatih. Hal itu bisa dilihat dari gaya bermain tim. Kami bersamanya hingga kematian menjelang," begitu penuturan Parejo di laman Football Espana

"Dia menekankan kesungguhan para pemain. Selain itu, dia tidak pernah menyembunyikan apa pun dan berbicara di belakang kami. Dia akan mengatakan langsung kepada kami," kata Parejo. 

Pada Ahad (11/1) dini hari WIB ini, racikan apik Nuno kembali dinanti tatkala Valencia bertandang ke Balaidos, markas Celta Vigo, dalam lanjutan La Liga.

Tim Kelelawar datang dengan rentetan dua kemenangan beruntun sejak awal tahun yaitu atas Real Madrid (La Liga) dan Espanyol (leg pertama 16 besar Copa del Rey). Berbicara seusai mengalahkan Espanyol, Nuno meminta para pemain melupakan kemenangan atas Los Periquitos

"Sekarang, kami harus fokus kepada pertandingan melawan Celta Vigo," ujar Nuno dilansir laman resmi klub.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement