Selasa 13 Jan 2015 19:02 WIB
Piala Asia 2015

Gilas Oman, Australia Lolos ke Perempat Final Piala Asia

Pemain Australia Mark Milligan (tengah) menanduk bola di tengah kepungan pemain Oman dalam lanjutan Piala Asia 2015 Grup A, Selasa (13/1).
Foto: REUTERS/Jason Reed
Pemain Australia Mark Milligan (tengah) menanduk bola di tengah kepungan pemain Oman dalam lanjutan Piala Asia 2015 Grup A, Selasa (13/1).

REPUBLIKA.CO.ID, SYDNEY--Australia memastikan lolos ke perempat final Piala Asia 2015 mewakili Grup A. Ini setelah Socceroos menaklukkan Oman 4-0 di Stadion ANZ, Selasa (13/1).

Australia kini mengumpulkan nilai enam dari enam laga sama dengan Korea Selatan yang sebelumnya mengalahkan Kuwait 1-0. Kedua tim ini dipastikan lolos dan akan beradu pada laga terakhir, Sabtu (17/1) untuk menentukan juara Grup A. 

Australia menguasai pertandingan sejak awal dengan melesakkan tiga gol di babak pertama. Gol pertama terjadi lewat sepak pojok pada menit ke-27. Matt McKay yang berada di depan gawang menyundulnya dan tak bisa dihentikan kiper Ali Al Habsi. 

Tiga menit kemudian Australia kembali menggandakan keunggulan. Berawal dari Luongo yang memberikan umpan ke Robbie Kruse dan tak bisa ditepis Al Habsi.

Jelang babak pertama usai, Australia menjauhi kejaran Oman lewat penalti yang dilesakkan Mark Milligan pada menit ke-45. 

Australia tak menurunkan tekanan meski unggul tiga gol. Pada menit ke-66 tendangan Kruse nyaris memperbesar keunggulan Socceroos. Hingga akhirnya tiga menit berselang gol benar-benar tercipta. Berawal dari pergerakan Leckie di kiri, dia melepaskan umpan silang ke Tomislan Juric di kotak penalti. Juric dengan mudah melesakkan bola.

 

Oman menguasai 30 persen pertandingan, sementara Australia 70 persen. Dengan tendangan ke arah gawang dua berbanding sembilan untuk keunggulan Australia.

Susunan pemain:

Oman: Ali Al Habsi, Mohammed Al Musalami, Jaber Al Owaisi, Abdul Salam Al Mukhaini, Ali Al Busaidi (Amer Said Al Shatri), Eid Al-Farsi, Ahmed Al Muhaijri, Mohsin Al Khaldi, Raeed Ibrahim, Abdulaziz Al Miqbali, Amad Al Hosni (Ali Al-Jabri).

Australia: Maty Ryan, Ivan Franjic, Jason Davidson, Matthew Spiranovic, Trent Sainsbury, Mark Milligan, Mathew Leckie, Matt McKay, Massimo Luongo (Marco Bresciano), Tim Cahill, Robbie Kruse.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement