Senin 19 Jan 2015 05:41 WIB

'Superzee', Putus Sekolah demi Karier Sepak Bola

Rep: C11/ Red: Didi Purwadi
Asisat Oshoala (kanan)
Foto: EPA/Everett Kennedy Brown
Asisat Oshoala (kanan)

REPUBLIKA.CO.ID, ZURICH -- Sekolah biasanya menjadi prioritas utama seseorang untuk menempuh impian di masa depan, tapi tidak demikian dengan wanita asal Nigeria ini. Pemain Terbaik Wanita U20 FIFA 2014, Asisat Oshoala, mengaku putus sekolah demi mengejar cita-citanya menjadi pesepak bola wanita profesional.

"Sepak bola adalah hidup saya. Saya putus dari sekolah hanya untuk mengejar karir sepakbola." ungkap Oshoala penuh keyakinan dilansir dari laman The Sun.

Oshoala yang punya panggilan kesayangan dari fansnya 'Superzee' itu menghabiskan masa kecilnya di kota terbesar Nigeria, Lagos. Ia memulai karir masa mudanya melalui klub sepak bola, Robo. Selama bergabung bersama Robo, ia menemukan bakat terpendam sebagai pemain depan.

Setelah memutuskan pilihan hidup terbesar dalam hidupnya, Oshoala mulai terjun sebagai pemain timnas Nigeria pada  2011. Ia mengawalinya dengan penampilan gemilang sehingga ditawarkan untuk bermain di salah satu klub sepak bola wanita, Rivers Angel FC.

Meski awalnya bermain sebagai pemain depan, kini Oshoala lebih banyak memainkan peran sebagai gelandang serang bersama timnas senior Nigeria.

Semenjak mendalami karirnya, Oshoala sudah banyak memiliki prestasi dunia. Salah satunya ia telah meraih penghargaan pemain wanita terbaik U20 FIFA pada 2014 lalu. Prestasi ini menjadi bagian dari mimpi Oshoala yang tidak dapat dilupakan sepanjang hidupnya. Bahkan masih di tahun yang sama ia juga meraih penghargaan pencetak gol terbanyak dalam ajang Piala Dunia Wanita U20 FIFA 2014 di Kanada.

Kebahagiaannya turut terpancar saat menerima penghagaan dari Presiden Nigeria, Goodluck Ebele Jonathan, sebagai anggota dari Order of the Niger (MON).

Selain itu, di awal tahun 2015 ini ia tengah menunggu rentetan prestasi lainnya. Sebelumnya Oshoala telah dinominasikan sebagai pemain wanita terbaik versi Konfederasi Sepak Bola Afrika (CAF). Superzee akan bersaing bersama pemain lain asal Kamerun, Afrika Selatan dan Namibia.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement