Ahad 25 Jan 2015 16:29 WIB

Setahun Mata Bersama MU

Rep: Muhammad Iqbal/ Red: Damanhuri Zuhri
Gelandang Juan Mata.
Foto: AP Photo
Gelandang Juan Mata.

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER -- 25 Januari 2015. Bukan tanggal biasa bagi seorang Juan Mata. Ya, tepat setahun, Mata membela Manchester United, klub tersukses sepanjang sejarah Liga Primer Inggris.   

Setahun silam, Mata hengkang dari Chelsea seiring kegagalan meraih kepercayaan manajer the Blues, Jose Mourinho.

Bersama United, mantan pemain Valencia ini telah merasakan suka dan duka. Lalu, apa momen favorit Mata sejauh ini di Manchester?

"Tentu hari pertama saya tiba di sini. Kemudian, debut saya, sekitar dua atau tiga hari berikut. Kami menang dan fan memilih saya sebagai Man of the Match. Segalanya sempurna di hari itu," kata Mata dilansir laman resmi klub, Ahad (25/1). 

Sekadar mengingatkan, Mata memulai debut di Old Trafford ketika United meladeni tamunya, Cardiff City. Kala itu, the Red Devils menang dua gol tanpa balas dan pemain 26 tahun ini membuat sebiji assist. 

Sejak kedatangannya, Mata telah ditangani tiga orang pelatih. Mereka adalah David Moyes, Ryan Giggs dan Louis Van Gaal.

Khusus untuk Van Gaal, bagaimana tanggapan Mata terhadap pria berkebangsaan Belanda tersebut? "Dia adalah sosok dengan karakter hebat dan pelatih mumpuni," ujar Mata. 

Pemuda kelahiran Burgos ini menjelaskan, Van Gaal memiliki filosofi serupa dengan permainannya yaitu sepak bola menyerang.

Itu membuat para pemain bekerja keras dengan bola, menciptakan ruang untuk mengumpan secepat mungkin dan beralih dari satu sisi ke sisi lain. 

"Saya pikir kami semua belajar dari manajer," ujar Mata.  "Saya menyukai caranya melihat sepak bola dan kami semua mencoba melakukan yang terbaik untuk dia, staf maupun Ryan (Giggs)," kata pemain yang pernah menimba ilmu di akademi Real Madrid ini.

Klasemen Liga Inggris 2024/2025
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
1 Liverpool Liverpool 7 6 0 1 13 11 18
2 Manchester City Manchester City 7 5 2 0 17 9 17
3 Arsenal Arsenal 7 5 2 0 15 9 17
4 Chelsea Chelsea 7 4 2 1 16 8 14
5 Aston Villa Aston Villa 7 4 2 1 12 3 14
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement