Rabu 28 Jan 2015 11:54 WIB
Piala Afrika 2015

Lolos ke Perempat Final Piala Afrika 2015, Ini Komentar Pelatih Ghana

Rep: c12/ Red: M Akbar
Avram Grant
Foto: www.thecable.ng
Avram Grant

REPUBLIKA.CO.ID, MONGOMO -- Ghana memastikan lolos ke babak perempat final Piala Afrika 2015 setelah menyarangkan dua gol ke gawang Afrika Selatan (Afsel) di laga ketiga babak fase grup.

Afsel pun harus tersungkur di posisi terbawah grup C Piala Afrika 2015 karena hanya mampu menyumbangkan satu gol dan gagal meredam perlawanan Ghana dalam laga yang dihelat pada Rabu (28/1) dini hari, di Mongomo itu.

Terkait sukses tersebut, pelatih Ghana Avram Grant menyambut gembira. ''Kami layak mendapatkannya karena Afrika Selatan tidak lebih baik dari kami. Kami telah melewati grup maut," kata mantan pelatih Chelsea itu seperti dalam African Football, Rabu (28/1).

Sejak laga dimulai, Ghana langsung menguasai jalannya pertandingan. Tim asuhan Avram Grant ini langsung membangun serangan ke lini belakang Afrika Selatan. Karena bola lebih banyak dikuasai pemain Ghana, pemain dari Afsel pun kerap membuat pelanggaran. Terbukti sepanjang pertandingan berlangsung, total pelanggaran Afsel sampai berjumlah 22, sedangkan Ghana hanya sembilan.

Afsel di tiga laga babak fase grup memang tak memuaskan. Di laga ini saja, tim asuhan Ephraim Mashaba hanya bisa menghasilkan satu tembakan tepat ke arah gawang Ghana. Sementara Ghana, bisa memberikan enam tembakan ke arah gawang.

Padahal, Afsel-lah yang pertama memecah kebuntuan di laga tersebut lewat gol yang diciptakan gelandangnya, Masango, di menit ke-17. Masango mencetak gol dengan aksi tendangan voli yang spektakuler. Hingga babak pertama usai, pertandingan masih diungguli Afrika Selatan.  dan mencapai Piala Afrika perempat final.

Meski begitu, Ghana tetap tenang meladeni permainan Afsel. Alhasil, meski pada awal babak kedua masih menunjukan kebuntuan, Ghana di menit ke-73 lewat umpan Andre Ayew, Jordan Ayew berhasil menjebloskan gol ke gawang Afsel yang dijaga Khuzwayo.

Setelah gol itu, selang 10 menit, Andre Ayew yang memberikan assist pada gol pertama tadi, menjadi penyelamat Ghana karena gol yang berhasil diciptakannya dengan memanfaatkan umpan dari pemain lini belakangnya, Baba.

Di grup C, Ghana menduduki posisi kedua dengan raihan enam poin, sedangkan di peringkat pertama yakni Aljazair yang juga meraih enam poin, hanya berbeda selisih gol. Dengan hasil ini, kedua negara lolos ke perempat final Piala Afrika 2015.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement