Ahad 01 Feb 2015 14:14 WIB

Terinspirasi Luis Suarez, Muslimah Ini Gabung Liverpool

Rep: C11/ Red: Didi Purwadi
Asisat Oshoala (kanan)
Foto: EPA/Everett Kennedy Brown
Asisat Oshoala (kanan)

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Pesepak bola muslim asal Afrika, Asisat Oshoala, mulai merumput bersama tim sepak bola putri Liverpool sejak Januari 2015. Bagi Oshoala, berlabuhnya ia ke Liverpool disebabkan kekagumannya pada Luis Suarez.

"Saya mendukung Liverpool semenjak saya masih muda, terutama ketika Luis Suarez masih di sini. Ia adalah pemain yang benar-benar saya kagumi," kata Oshoala dilansir dari laman Pulse. (Cantiknya Wags Pesepakbola Muslim Eropa)

Sebelumnya Oshoala bergabung bersama tim sepak bola putri, Rivers Angels, sejak 2013 lalu. Kemudian ia membuat langkah besar untuk bermukim di Liga Inggris.

Oshoala menjadi pesepak bola putri pertama asal Afrika yang bergabung di ajang Liga Primer Inggris. Sementara, Oshoala memulai karir perdananya bersama FC Robo pada 2009 lalu.

Bos the Reds, Matt Beard, sangat menyukai kedatangan Oshoala. Baginya pesepak bola muda berusia 20 tahun ini merupakan salah satu pemain terbaik dunia. Oshoala pernah meraih Golden Boot dan Golden Ball sebagai pemain terbaik dunia FIFA U20.

Bukan hanya tampil gemilang di piala dunia U20, Oshoala juga menerima Golden Ball sebagai pemain timnas senior Nigeria yang masuk kualifikasi Piala Dunia Wanita 2015. Ia juga menyabet penghargaan pemain wanita Afrika terbaik dan pemain muda terbaik 2014 setelah membantu timnya, Rivers untuk meraih gelar jawara di Nigeria.  

Perjuangan Oshoala menjadi pesepak bola profesional bukan tidak mudah, ia harus bertentangan dengan kedua orang tuanya yang tidak mendukung karirnya di dunia bola. Bahkan, Oshoala juga rela tidak melanjutkan sekolahnya demi karir sepak bola.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement