Ahad 08 Feb 2015 14:01 WIB

Review Jendela Transfer Tengah Musim Liga Inggris 2014/2015

Rep: Muhammad Iqbal/ Red: Didi Purwadi
Liga Primer Inggris.
Foto: Wonderpunter
Liga Primer Inggris.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Pendapat winger Arsenal, Theo Walcott, jelang penutupan jendela transfer tengah musim Liga Primer Inggris 2014/2015, Senin (2/2), menarik untuk dicermati.

Menurut Walcott, hari terakhir proses jual beli pemain merupakan salah satu momen paling menegangkan dalam karir seorang pesepakbola. Sebab, para pemain bisa berpindah klub dalam satu waktu dengan diikuti perpindahan pemain asal klub yang lain.  

Seolah tak peduli dengan kondisi psikologis pemain, para penggemar sepak bola begitu menikmati proses demi proses transfer pemain. "Padahal, kita membicarakan karir seseorang," ujar Walcott dilansir London Evening Standard. Ucapan Walcott benar-benar terbukti.

Setelah relatif datar pada awal hingga pekan keempat Januari, denyut jual beli pemain begitu kencang menjelang penutupan. Pusat perhatian berpusat di antara tiga klub yaitu VfL Wolfsburg, Chelsea dan Fiorentina. Tiga nama yang terlibat adalah dua penggawa Chelsea Andre Schuerrle dan Mohamed Salah serta winger Fiorentina Juan Cuadrado.

Begitu laman resmi Wolfsburg mengonfirmasi kepindahan Schuerrle, segera Chelsea mengumumkan kedatangan Cuadrado dengan nilai transfer 31 juta Euro. Dalam kesempatan serupa, Salah dikirim the Blues ke Firenze, dengan status pinjaman hingga akhir musim. La Viola memiliki opsi untuk mempermanenkan status Salah.  

Selain proses transfer yang melibatkan Schuerrle, Cuadrado dan Salah, kabar mengejutkan juga hadir dari Old Trafford, markas Manchester United. Tanpa diduga, Darren Fletcher, pemain binaan United yang dikenal loyal, dilepas bebas transfer ke West Bromwich Albion. Sebelumnya, Fletcher diinginkan West Ham United, namun, transfer tak terwujud.

Berdasarkan catatan Deloitte yang dilansir BBC, Selasa (3/2), terdapat 45 juta pound uang yang berputar di detik-detik akhir jendela transfer tengah musim Liga Primer 2014/2015. Secara keseluruhan, nominal yang digelontorkan pada perpindahan pemain selama Januari hingga awal Februari 2015 mencapai 130 juta pound. Jumlah itu jauh lebih rendah ketimbang periode serupa musim lalu yang tercatat 225 juta pound.  

"Melihat tingkat pengeluaran pada musim panas lalu, tidak mengejutkan jika tidak terlihat rekor pada jendela transfer Januari," ujar Dan Jones, mitra Sport Business Group di Deloitte. Catatan tambahan, jika dijumlah dengan nominal yang dibelanjakan pada musim panas lalu, total pengeluaran klub-klub Liga Primer untuk transfer pemain sepanjang musim 2014/2015 telah mencapai 950 juta pound. Lebih besar ketimbang medio lalu yang tercatat 760 juta pound.

Menurut Deloitte, peningkatan pengeluaran dalam pembelian pemain tak lepas dari peningkatan pendapatan klub dari hak siar. Hak siar Liga Primer 2013-2016 tercatat 3 miliar pound atau meningkat 70 persen dibanding kesepakatan sebelumnya.  Berikut sepuluh transfer kakap jendela transfer tengah musim Liga Primer 2014/2015:

Gabriel Paulista (Brasil)

Asal: Villareal

Tujuan: Arsenal

Status: Resmi dengan nilai transfer 11,3 juta pound

Carles Gil (Spanyol)

Asal: Valencia

Tujuan: Aston Villa

Status: Resmi dengan nilai transfer 3,2 juta pound

Juan Cuadrado (Kolombia)

Asal: Fiorentina

Tujuan: Chelsea

Status: Resmi dengan nilai transfer 23,3 juta pound

Wilfried Zaha (Inggris)

Asal: Manchester United

Tujuan: Crystal Palace

Status: Resmi dengan nilai transfer 3 juta pound

Aaron Lennon

Asal: Tottenham Hotspur

Tujuan: Everton

Status: Pinjaman sampai akhir musim

Wilfried Bony

Asal: Swansea City

Tujuan: Manchester City

Status: Resmi dengan nilai transfer 25 juta pound

Victor Valdes

Asal: Barcelona

Tujuan: Manchester United

Status: Bebas transfer

Eljero Elia

Asal: Werder Bremen

Tujuan: Southampton

Status: Pinjaman sampai akhir musim

Jermain Defoe

Asal: Toronto FC

Tujuan: Sunderland

Status: Resmi dengan nilai yang dirahasiakan

Kyle Naughton

Asal: Tottenham Hotspur

Tujuan: Swansea City

Status: Resmi dengan nilai transfer 5 juta pound

Darren Fletcher

Asal: Manchester United

Tujuan: West Bromwich Albion

Status: Bebas transfer

Catatan tambahan: 1 Pound setara dengan Rp 19.038

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement