Ahad 08 Feb 2015 12:02 WIB

Timnas Pantai Gading Kini Sempurna

Rep: C12/ Red: Didi Purwadi
Herve Renard
Foto: EPA
Herve Renard

REPUBLIKA.CO.ID, BATA -- Timnas Pantai Gading memiliki pelatih yang handal dan cerdik dalam membuat strategi. Herve Renard namanya. Pelatih asal Prancis ini mulai tenar ketika dirinya melatih Zambia pada 2010.  

Sepanjang karirnya melatih timnas, ia baru merasakan satu kekalahan dalam 15 pertandingan di seluruh kompetisi negara. Saat dirinya melatih Zambia, timnya sempat bertanding dengan Pantai Gading di partai final Piala Afrika 2012.

Saat itu pertandingan berakhir dengan skor kaca mata sehingga harus dilanjutkan ke babak adu penalti. Zambia pun menorehkan gelar juara pertamanya di Piala Afrika dengan unggul 8-7 dari Pantai Gading.

"Ketika saya melatih Zambia, sempat melawan Pantai Gading pada 2012. Saat itu mereka (Pantai Gading) lebih baik dari kami, tapi kami berjuang dan menang adu penalti," tutur dia seperti dalam Gulf Daily News.

Renard memang pelatih yang cerdik dalam menghadapi segala jenis tim. Terlebih, Pantai Gading memiliki banyak pemain berkualitas sehingga sangat membantunya untuk menorehkan prestasi di Piala Afrika 2015 ini.

Pantai Gading kini tinggal selangkah lagi untuk keluar sebagai juara. Skuat Herve Renard akan menghadapi Ghana di laga final pada Ahad (8/2).  "Saya tetap harus realistis dan mencoba untuk menempatkan taktik terbaik agar bisa mengalahkan lawan," ucap dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement