Jumat 27 Feb 2015 16:15 WIB

Cina Latih Calon Pesepak Bola Sejak Bayi

Presiden Cina Xi Jinping.
Foto: AP
Presiden Cina Xi Jinping.

REPUBLIKA.CO.ID, BEIJING--Pemerintah Cina menunjukkan keseriusan untuk membangun prestasi sepak bola mereka. Presiden Xi Jinping akan menandatangani sebuah rencana untuk meningkatkan prestasi sepak bola mereka.

Xi adalah penggemar berat sepak bola dan telah berbicara di masa lalu mengenai "tiga permintaan" untuk Cina. Yakni lolos ke Piala Dunia berikutnya setelah berlaga di putaran final Piala Dunia 2002, menjadi tuan rumah Piala Dunia, dan terakhir memenangkan satu gelar juara kompetisi terakbar sepak bola dunia ini.

Tapi sepak bola telah menghadapi masalah terus-menerus dengan korupsi dan pengaturan pertandingan di Cina. Tim nasional Cina telah bernasib buruk di panggung internasional.

Rencana reformasi sepak bola yang baru ini disetujui oleh Xi pada pertemuan komite yang sampai sekarang umumnya terfokus pada isu-isu ekonomi memabukkan. Ia mengatakan bahwa negara yang kuat dalam olahraga harus pandai sepak bola juga, sesuatu yang merupakan 'keinginan bersemangat dari seluruh bangsa '.

"Peluang pembangunan sebagai bayi, dari awal," kata kantor berita negara Xinhua, dalam ringkasan atas rencana reformasi seperti dikutip Reuters, Jumat (27/20. Nantinya bayi-bayi di Cina dipersiakpan menjadi yang terbaik.

"Dunia olahraga, dan terutama dunia sepakbola, perlu untuk mengambil kesempatan, dan menjadi berani dalam reformasi," katanya.

Sementara laporan itu menjelaskan tidak ada langkah-langkah khusus yang akan diambil pemerintah Xi.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement