Rabu 04 Mar 2015 12:38 WIB

Amerika Selatan Dukung Blatter Kembali Kuasai FIFA

Rep: C65/ Red: Didi Purwadi
Sepp Blatter
Foto: EPA/Steffen Schmidt
Sepp Blatter

REPUBLIKA.CO.ID, ASUNCION -- Negara-negara yang tergabung dalam konfederasi sepak bola Amerika Selatan (Conmebol) siap mendukung Sepp Blatter dalam pemilihan presiden Federasi Sepak Bola Dunia (FIFA).

Keputusan tersebut dicapai setelah 10 negara di Amerika Selatan mendengar usulan dari Blatter dan kandidat lainnya pada hari Selasa (3/3). Blatter kembali menawarkan diri untuk jabatan kali kelimanya sebagai presiden FIFA (1998, 2002, 2007, dan 2011).

Untuk itu, ia harus memenangkan pemilihan oleh 209 negara anggota FIFA dan mengalahkan calon lainnya yakni Wakil Presiden FIFA, Pangeran Ali bin al-Hussein dari Yordania; kepala federasi sepak bola Belanda, Michael van Praag; dan eks pesepakbola Portugal, Luis Figo.

Keputusan untuk mendukung Blatter rupanya tidak begitu mengejutkan. Sebab, beberapa anggota Conmebol telah mengisyaratkannya usai pertemuan selama Piala Dunia tahun lalu. Mereka diharapkan mendukung Blatter tetap di FIFA.

Lelaki berkebangsaan Swiss itu juga dikabarkan telah memperoleh dukungan dari kepala konfederasi Asia, Afrika dan Oseania. Seperti diketahui, mereka mampu mempengaruhi asosiasi anggotanya.

Selama kongres, Conmebol juga diminta untuk mengkonfirmasi Juan Angel Napout (Paraguay) sebagai presiden baru. Ia diangkat oleh dewan eksekutif setelah pengunduran diri Eugenio Figueredo (Uruguay) tahun lalu. Bahkan, Napout diharapkan Conmebol menjadi wakil presiden FIFA bulan Mei nanti.

sumber : AP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement