Senin 09 Mar 2015 21:09 WIB
Eksklusif ROL dengan Andy Cole

Mungkinkah Lahir Louis van Gaal Babes? Ini Kata Andy Cole

Salah satu legenda Manchester United, Andy Cole.
Foto: citra listya rini/ROL
Salah satu legenda Manchester United, Andy Cole.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA  -- Manchester United merupakan salah klub raksasa di Liga Primer Inggris, bahkan di benua biru. Era kejayaan Setan Merah di bawah dua pelatih legendaris, yakni Sir Matt Busby dan Sir Alex Ferguson begitu masyur terdengar namanya.

Ketika di bawah asuhan Sir Matt Busby, skuat MU dikenal dengan sebutan Busby Babes. Pada tahun 1968, di bawah Busby, Manchester United tercatat sebagai klub sepak bola Inggris pertama yang memenangkan Liga Champions (ketika itu disebut Piala Eropa).

Busby mampu membawa MU meraih lima trofi Liga Primer Inggris dan satu trofi Liga Champions) selama 1945-1969. Pada era Ferguson, skuat MU dikenal dengan sebutan Fergie Babes. Ferguson memenangkan 28 trofi utama dan 38 secara total buat MU dari bulan November 1986 sampai Mei 2013.

Sayangnya, kini MU justru miskin prestasi seiring melorotnya performa mereka. Setan Merah saat ini dilatih oleh Louis van Gaal. Meneer sendiri bukanlah pelatih sembarangan.

Lantas, mungkinkah ada sebutan Van Gaal Babes untuk skuat MU berikutnya? Legenda Manchester United, Andy Cole pun angkat bicara saat berbincang santai dengan Republika Online (ROL) di Jakarta.

"Saya tidak yakin apakah bakal lahir Louis van Gaal Babes. Dia baru satu musim bersama Manchester United. Tim saat ini sedang membangun kembali, apalagi musim ini berlangsung sangat ketat," kata Cole.

Cole sendiri masuk dalam daftar Fegie Babes. Cole menikmati masa kejayaan bersama Ferguson ketika MU memenangkan tiga trofi sekaligus alias treble winners pada musim 1998/1999.

"Zaman Ferguson itu ibarat era kejayaan MU. Berat sekali bisa memenangkan banyak trofi dalam satu musim. Paling satu atau dua trofi saja dalam satu musim sudah bagus," ujar Cole.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement