Ahad 22 Mar 2015 04:48 WIB

Menez Cemerlang, Milan Menang

Jeremy Menez
Foto: AP Photo/Antonio Calanni
Jeremy Menez

REPUBLIKA.CO.ID, MILAN--AC Milan berhasil mengamankan tiga poin di kandang setelah menaklukkan Cagliari 3-1 di San Siro, Ahad (22/3) dini hari WIB. Ini merupakan kemenangan kemenangan ketiga Milan dalam 10 laga terakhir.

Tambahan tiga poin mengantarkan skuat asuhan Filippo Inzaghi ke peringkat ketujuh Serie A dengan nilai 38. Tapi posisi Milan rawan tergusur karena tim-tim di bawahnya baru akan memainkan laga Ahad malam nanti. Sementara Cagliari tak beranjak dari zona degradasi dengan nilai 21.

Jeremy Menez menjadi bintang Rossoneri di laga ini. Ia mencetak dua gol dan satu assist untuk meredakan kembali tekanan kepada Inzaghi yang terancam dipecat.

Menez memecah kebuntuan pada menit ke-21. Memanfaatkan sodoran Andrea Poli, Menez yang berada di sisi kiri mengecoh bek Cagliari sebelum melepaskan tendangan melengkung ke tiang jauh.

Kiper Zeljko Brkic sepertinya tak menyangka Menez melepaskan tendangan. Ia bereaksi namun kalah cepat dengan laju bola yang membobol gawangnya.

Gol ini memicu permainan semakin terbuka. Cagliari berupaya membalas lewat serangan lewat gelandang Godfred Donsah dan Lorenzo Crisetig. Namun aliran bola Donsah dan Crisetig berhasil dimentahkan Milan.

Sebaliknya Rossoneri punya sejumlah kesempatan untuk menambah gol. Namun salah pengertian dalam operan akhir membuat peluang terbuang sia-sia. Satu kesempatan lewat tendangan keras Marco Van Ginkel dari luar kotak penalti setelah menerima operan bola matang dari Menez hanya melambung tipis di atas gawang Brkic.

Cagliari yang berupaya menyerang mendapat kesempatan lewat Paul-Jose Mpoku yang masuk ke kotak penalti menyambut operan Crisetig. Tapi bola gagal disambut sempurna oleh Mpoku sehingga bisa diamankan kiper Digo Lopez.

Cagliari mengejutkan Milan saat babak kedua baru berjalan dua menit. Lewat serangan balik, Diego Farias menaklukkan kiper Diego Lopez untuk menyamakan kedudukan menjadi 1-1. Sebelum melepaskan tendangan, ia mengecoh bek Philippe Mexes yang terjatuh saat berusaha merebut bola.

Tapi Mexes membayar kesalahannya dua menit berselang. Memanfaatkan sepak pojok kompatriotnya asal Prancis, Menez, Mexes melepaskan tendangan voli menyilang yang tak bisa dijangkau Brkic.

Rossoblu yang ngotot mengejar gol meninggalkan celah di lini belakang. Lewat serangan balik, Alessio Cerci yang masuk menggantikan Keisuke Honda diganjal Luca Ceppitelli sedikit di luar kotak penalti. Namun wasit Paolo Tagliavento memberikan hadiah penalti bagi Milan dan mengganjar Ceppitelli kartu kuning.

Penalti ini dieksekusi dengan sempurna oleh Menez untuk membawa Milan menjauh. Gol ini membuat Cagliari tak punya pilihan selain habis-habisan menyerang. Akibatnya Milan mendapatkan dua kesempatan emas, masing-masing lewat Giampaolo Pazzini dan Cerci. Sayangnya kedua pemain ini gagal memperbesar  keunggulan timnya meski mendapatkan peluang amat bersih.

 

Susunan pemain:

AC Milan (4-3-3)

Diego Lopez; Abate, Paletta, Mexes, Antonelli; Poli, De Jong, Van Ginkel; Honda (Cerci 70'), Destro (Pazzini 74'), Menez

Cadangan: Abbiati, Gori, Albertazzi, Alex, Bonera, Bocchetti, Muntari, Essien, Mastalli, Suso, Cerci, Pazzini

Pelatih: Filippo Inzaghi

Cagliari (4-3-3)

Brkic; Gonzalez (Joao Pedro 46'), Ceppitelli, Diakitè, Avelar; Ekdal, Crisetig, Donsah; Farias, Sau, M'Poku (Cossu 66')

Cadangan: Colombi, Cragno, Pisano, Murru, Rossettini, Conti, Dessena, Joao Pedro, Husbauer, Cossu, Cop, Longo

Pelatih: Zdenek Zeman

Wasit: Paolo Tagliavento

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement