Senin 23 Mar 2015 14:01 WIB

Super Hero Itu 'Suarez'

Rep: c03/ Red: Damanhuri Zuhri
Luis Suarez
Foto: REUTERS/Albert Gea
Luis Suarez

REPUBLIKA.CO.ID, CAMP NOU -- Bukan Messi atau Neymar yang jadi pahlawan kemenangan Barca di El Clasico. Melainkan Super Hero itu dia Suarez. Camp Nou bergemuruh sesaat setelah bomber asal Uruguay Luis Suarez mencatatkan namanya di papan skor.

Pria kelahitan Salto Uruguay 24 Januari 1987 itu menjadi Super Hero untuk Barcelona dalam laga El  Clasico, Senin (23/3) dinihari WIB.

Barcelona memang mendapat tekanan dari tamunya Real Madrid pada babak pertama. Presure yang dilakukan tiga pemain Madrid Ramos, Marcelo dan Isco terhadap mega bintang Blaugrana Lionel Messi membuat aliran bola lebih sering tertuju pada dua striker Barca lainnya, Neymar dan Suarez.

Beberapa kali Neymar dan Suarez pun melakukan rotasi posisi. Tujuannya untuk memecah kawalan Carvajal dan Pepe. Sampai akhirnya menit ke-18, Carvajal terpaksa menghadang laju Suarez yang menyisir sisi kiri pertahanan Los Blancos. 

Dan pelanggaran tersebut, ternyata menjadi awal gol pembuka kemenangan Barca. Bertindak sebagai eksekutor, Lionel Messi tak melakukan tembakan langsung ke arah gawang Madrid, yang di jaga kiper Cassilas.

Messi mengarahkan tendangan 12 pasnya pada sejumlah pemain Barca yang tengah berdiri di kotak pertahanan Madrid. Bola yang diumpan Messi ternyata disambut Jeremy Mathieu. Dengan tandukannya pria berkebangsaan Prancis itu sukses membobol gawang Madrid. Cassilas pun hanya terpana menyaksikan.

Tertinggal 0-1 Los Merengues menambah intensitas serangannya. Lini depan Madrid tak henti-hentinya menggedor pertahanan Barcelona. Hasilnya, menit ke-31 dikotak pertahanan Barca. Skema gol penyeimbang Madrid terjadi.

Karim Benzema menyodorkan bola hasil umpan Luka Modric ke arah Ronaldo. Telat bagi Dani Alves yang berupaya menyapu bola dari sisi kanan. CR 7 lebih dahulu menyambut datangnya bola.

Sontekan kaki kanan eks pemain Manchester United itu berhasil menggulirkan bola ke arah kanan gawang Barca. Dan Claudio Bravo pun tak kuasa menahannya. Skor imbang 1-1 bertahan hingga turun minum.

Luis Enrique tahu bagaimana anak asuhnya keluar dari tekanan Madrid. Di saat Messi tak mampu berkutik dengan kepungan pemain Madrid. Ketika laju Neymar terus diganjal.

Hanya Suarez yang berani duel keras dengan bek Madrid. Suarez memang tak terlalu bicara banyak di babak pertama. Tapi, babak kedua ia 'Super Hero' Barca. Sebab gol kemenangan Barcelona itu lahir dari kakinya.

Tak diduga aksi Suarez telah mengobrak-abir pertahanan Madrid. Menyusul umpan lambung dan terukur yang dikirim Dani Alves dari lini pertahanan Barca. Luis Suarez adu sprint dengan dua pagar betis Madrid, Pepe dan Ramos.

Suarez lebih gesit dari keduanya, bola pun jatuh tepat di kakinya. Satu sentuhan saja, dengan kaki kanannya, Suarez melesakkan tembakannya. Cassilas pun terkecoh sebab arah bola mengarah ke kanan gawangnya sementara ia terlanjur menutup ruang tembak Suarez di kiri.

Gol itu menjadi penentu kemenangan Barcelona atas rivalnya Madrid dengan skor 2-1 sekaligus mengokohkan Barca di puncak tabel klasmen La Liga Spanyol dengan 68 poin.

"Saya pikir tujuan terpenting kami adalah mencetak gol. Saat bermain, Dani Alves melihat pergerakan saya, dan saya menggunakan ruang sempit untuk mencetak gol," ujar Suarez seoerti dilansir Marca, Senin (2/3) pagi.

Klasemen Liga Spanyol 2024/2025
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
1 Barcelona Barcelona 7 7 0 0 23 18 21
2 Real Madrid Real Madrid 7 5 2 0 16 11 17
3 Atletico Madrid Atletico Madrid 7 4 3 0 11 8 15
4 Mallorca Mallorca 8 4 2 2 8 2 14
5 Villarreal Villarreal 7 4 2 1 14 0 14
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement