Rabu 25 Mar 2015 22:11 WIB

Messi Kembali Puncaki Daftar Pesepak Bola dengan Bayaran Tertinggi

Rep: C04/ Red: Israr Itah
Lionel Messi
Foto: Gustau Nacarino/Reuters
Lionel Messi

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON--Lionel Messi merupakan pemain sepak bola dengan bayaran tertinggi menurut majalah France Football. Seperti dikutip London Evening Standard, Rabu (25/3), Messi dibayar hampir 10 juta pound (Rp 193 miliar) lebih mahal dari rivalnya Cristiano Ronaldo dan 20 juta pound (Rp 386 miliar) lebih banyak dari rekannya di Barcelona Neymar.

Messi dibayar Barcelona 'hanya' 26 juta pound (Rp 506 miliar) per tahun. Jumlah ini belum termasuk bayaran dari iklan-iklan komersil yang dibintanginya, seperti Turkish Airlines, FIFA 15 dan Adidas. Jika ditotal Messi mendapatkan gaji keseluruhan sekitar sebesar 47,8 juta pund (Rp 921,8 miliar) per tahun. 

Messi mengalahan Ronaldo yang megumpulkan uang sebesar 39,7 juta pound (Rp 766 miliar) pada tahun 2014. Padahal gaji Ronaldo di Madrid lebih besar dari pada Messi di Barcelona.

Pemasukan dua megabintang lapangan hijau ini jauh di atas pesepak bola top lainnya. Neymar misalnya, 'hanya' berhasil memperoleh pemasukan sebesar 26,8 juta pound (Rp 516,8) miliar per tahun. Kontrak iklan komersilnya meliputi Nike, Unilever dan Bank Santander.

Ini adalah tahun ke-17 bagi majalah France Football yang merilis survei 'Salary of the Stars'. Dan, Messi sudah lima kali memuncaki daftar ini dalam enam tahun terakhir.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement