Sabtu 18 Apr 2015 07:07 WIB

Tergabung di Grup Neraka Indonesia Hanya Harapkan Keajaiban

Rep: Ali Mansur/ Red: Israr Itah
Timnas Indonesia
Foto: Liga Indonesia
Timnas Indonesia

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Nasib sial harus diterima skuat Tim Nasional Indonesia di ajang putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2018 zona Asia. Pembagian grup yang dilakukan oleh AFC di Kuala Lumpur, Indonesia tergabung di Grup F, bersama Irak, Vietnam, Thailand, Indonesia, dan Taiwan. 

Kualifikasi Piala Dunia 2018 Zona Asia putaran kedua bakal digelar 11 Juni 2015 hingga 29 Maret 2016. Hanya juara dan runner up grup yang berhak lolos ke babak berikutnya. Selain Kualifikasi Piala Dunia 2018, pembagian grup ini juga bakal digunakan untuk ajang Kualifikasi Piala Asia 2019 yang bakal digelar di Uni Emirat Arab.

Terkait kualifikasi tersebut, PSSI mengakui sangat sulit bagi Indonesia untuk lolos ke putaran final Piala Dunia 2018 di Rusia nanti. Namun, meski tergabung dalam grup neraka, skuat Merah Putih tetap memiliki peluang. Apalagi dua di antaranya merupakan lawan Asia Tenggara. Kemudian Taiwan peringkatnya berada di bawah Indonesia.

"Kalau di atas kertas jelas sulit. Untuk masuk putaran final Piala Dunia, kita harus realistis, sebab itu tak akan mudah. Tapi, untuk masuk ke babak berikutnya, itu harapan kita. Kita harus tetap optimis, setidaknya bisa mendapatkan hasil terbaik," harap Sekretaris Jenderal PSSI, Joko Driyono, saat ditemui di kantor PSSI Pusat, Selasa (14/4).

Joko menambahkan, target yang paling realistis bagi Indonesia adalah lolos putaran final Piala Asia 2019 di Uni Emirat Arab.  Seperti diketahui, akan ada 12 tim yang lolos ke putaran 3 kualifikasi Piala Dunia 2018, juga lolos otomatis ke putaran final Piala Asia 2019. Slot itu akan diisi oleh juara grup plus 4 runner up terbaik.

"Sementara untuk kejuaran Piala Asia 2019 kan slotnya tidak 16 tim, tapi 24 tim. Tentu, PSSI punya keinginan untuk menjadi bagian dari 24 tim tersebut. Peluang lebih besar kalau untuk lolos ke Piala Asia. Saya kira target tersebut lebih realistis dibanding Piala Dunia, untuk saat ini," tutur pria yang sekaligus merangkap sebagai CEO PT Liga Indoensia.

Putaran 2 kualifikasi Piala Dunia 2018 akan dimulai pada 11 Juni 2015 dan berakhir 29 Maret 2016. Indonesia akan menjalani laga perdana melawan Taiwan di kandang sendiri. Dengan skema juara Grup F atau menjadi 4 runner up terbaik.

Apabila gagal menjuarai Grup F atau finis sebagai runner up, maka Indonesia akan bertarung dengan 23 tim lainnya di kualifikasi Piala Asia 2019 putaran ketiga. Selanjutnya, 24 tim ini akan dibagi menjadi 6 grup dan dipilih 11 tim yang akan melengkapi sisa slot.

Berikut pembagian grup Kualifikasi Piala Dunia 2018 Zona Asia:

Grup A: Timor Leste, Malaysia, Arab Saudi, Palestina, UEA.

Grup B: Kyrgyzstan, Bangladesh, Tajikistan, Yordania, Australia.

Grup C: Bhutan, Hongkong, Maladewa, Qatar, China.

Grup D: Guam, Turkmenistan, India, Oman, Iran.

Grup E: Singapura, Kamboja, Afghanistan, Suriah, Jepang.

Grup F: Indonesia, Taiwan, Thailand, Vietnam, Irak.

Grup G: Myanmar, Laos, Lebanon, Kuwait, Korea Selatan.

Grup H: Korea Utara, Yaman, Bahrain, Filipina, Uzbekistan.

 

(Ali Mansur)

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement