Selasa 28 Apr 2015 11:05 WIB

La Liga, Persaingan Paling Imbang di Seluruh Eropa

Rep: Risa herdahita putri/ Red: Damanhuri Zuhri
Barcelona
Barcelona

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menilik secara sekilas pada seluruh liga besar di Eropa, La Liga memunculkan persaingan paling imbang dan menarik hingga akhir nanti.

Klub yang menghuni peringkat satu dan dua klasemen Liga Spanyol, Barcelona dan Real Madrid kini hanya berjarak dua poin dengan sisa lima pertandingan lagi.

Jika dibandingkan di Inggris misalnya, dengan sisa empat pertandingan, hanya Chelsea dan Arsenal yang benar-benar memiliki kesempatan memenangkan gelar.

Chelsea yang menempati posisi puncak klasemen dan Arsenal yang menempati peringkat tiga, masing-masing masih menyimpan satu laga lagi untuk melengkapi putaran pekan ke-34 ini.

Dalam hal perolehan poin, Chelsea pun kini sudah mengumpulkan 77 poin. Di peringkat dua, Manchester City yang sudah 34 kali bertanding itu memiliki 67 poin, sama dengan yang dimiliki Arsenal di posisi ketiga.

Di bawahnya, ada Manchester United yang masih dengan 65 poinnya. Melihat ini, maka akan butuh keajaiban bagi anak asuh Louis van Gaal itu untuk mendekati skuat Jose Mourinho di puncak klasemen.

Apalagi, dengan masih adanya 15 poin yang bisa diincar Chelsea, mereka sudah memimpin 10 poin di atas rival terdekat mereka saat ini.

Artinya, the Blues hanya harus mengalahkan Leicester City dan Crystal Palace untuk memahkotai diri dengan gelar juara Liga Primer. Itu pun bisa mereka lakukan dengan masih menyisakan tiga pertandingan lagi nantinya.

Kemudian di Jerman, Bayern Muenchen bisa dibilang telah menjuarai Bundesliga dengan sisa empat pertandingan lagi. Dengan bekal dua kekalahan di 30 pertandingan dan hanya kebobolan 13 gol, itu sudah menunjukkan betapa dominannya tim ini.

Di Italia, Juventus pun telah mengeluarkan kalkutornya untuk melihat kapan gelar Scudetto itu benar-benar akan menjadi milik mereka. Jika saja mereka memenangkan laga tengah pekan mereka dan Lazio gagal mendapatkan tiga poin tambahan, anak asuh Massimiliano Allegri itu akan dimahkotai dengan masih menyisakan lima pertandingan.

Realistis saja, dengan 14 poin memimpin di puncak klasemen, persaingan mereka dengan Lazio di peringkat kedua sebenarnya sudah selesai teratasi.

Klasemen Liga Spanyol 2024/2025
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
1 Barcelona Barcelona 8 7 0 1 25 16 21
2 Real Madrid Real Madrid 9 6 3 0 19 13 21
3 Villarreal Villarreal 9 5 2 2 17 0 17
4 Atletico Madrid Atletico Madrid 8 4 4 0 12 8 16
5 Athletic Club Athletic Club 9 4 3 2 12 4 15
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement