Kamis 14 May 2015 16:28 WIB

Selama Pra-Musim, Klub Tak Boleh Lakukan Aktivitias Transfer Pemain

Rep: Ali Mansur/ Red: M Akbar
joko driyono
Foto: www.goal.com
joko driyono

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Salah satu hasil Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) PT Liga Indonesia beserta 18 klub Indonesia Super League (ISL) adalah menggulirkan kompetisi pra musim. Turnamen ini diselenggarakan untuk mengisi kekosongan sekaligus menyambut ISL musim 2015/2016 yang rencananya digelar September 2015-Mei 2016.

Meskipun bertajuk turnamen pra musim, PT Liga Indonesia selaku operator liga, tidak memperkenankan adanya aktivitas transfer pemain. Klub hanya diperbolehkan menggunakan pemain, yang sebelumnya telah disahkan untuk  kompetisi ISL musim 2015, yang akhirnya dinyatakan selesai oleh PSSI melalui keputusan Force Majeure. Setelah sebelumnya, Kementrian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) menyurati Kapolri untuk tidak memberikan izin keramain.

"Hasil RUPS mengamanakan ke PT Liga Indonesia bahwa di pra musim tidak ada migrasi pemain. Pemain yang migrasi tidak akan bisa bertanding karena tidak ada pengesahan PT Liga Indonesia. Intinya klub harus meggunakan pemain yang sudah terdaftar untuk musim kompetisi ISL musim 2015 ini," ungkap CEO PT Liga Indonesia, Joko Driyono.

Rencananya, turnamen pra-musim akan diselenggarakan mulai 26 atau 27 Mei. Sebanyak 18 klub dibagi ke dalam tiga grup.  Dua klub akan tersisih, sementara 16 lainnya tampil di babak 16 besar sebelum delapan besar, semifinal, dan final. PT Liga Indonesia optimistis turnamen itu bisa terselenggara. Sebab  rencana ini sejalan dengan semangat semangat Kemenpora yang menginginkan kompetisi berjalan lagi dalam waktu cepat.

Selain kompetisi ISL yang dibahas dalam RUPS, Liga Indonesia juga memutuskan bahwa kompetisi Divisi Utama (DU) musim 2015-2016 akan dimulai sekitar bulan Oktober 2015 Kemudian PT Liga Indonesia juga berencana akan melaksanakan turnamen pra musim DU pada bulan Juli mendatang. Hanya saja, kata Joko, untuk kompetisi DU masih perlu pematangan lagi.

"Untuk turnamen pra-musim Divisi Utama perlu melakukan pendalaman ulang. Makanya kami lakukan opsi, apakah turnamen pra-musim DU bisa digelar sebelum atau sesudah Ramadhan. Soal format, turnamen pra-musim DU kemungkinan digelar per wilayah karena tim DU ada 54 tim," kata Joko.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement