Jumat 15 May 2015 03:48 WIB

Kiper Legendaris AS Brad Friedel Pensiun

Rep: Muhammad Iqbal / Red: Julkifli Marbun
Brad Friedel
Foto: footballspeak.com
Brad Friedel

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Kiper legendaris Amerika Serikat yang membela Tottenham Hotspur Brad Friedel membuat sebuah pengumuman penting pada Kamis (14/5). Friedel memutuskan untuk gantung sepatu atawa pensiun pada akhir musim nanti. Penjaga gawang berusia 42 tahun itu selanjutnya akan kembali ke AS dan menjadi analis, pundit serta komentator di Fox Sports.

Selain itu, Friedel juga akan menjadi duta besar Spurs di negeri Paman Sam. Tugas utama mantan pemain Aston Villa ini adalah mendukung Global Coaching Programme yang dikembangkan the Lily Whites. Keputusan Friedel untuk pensiun dihormati sepenuhnya oleh pelatih Spurs Mauricio Pochettino.  

Menurutnya, Friedel adalah sosok dengan karir yang fantastis. "Ini adalah momen spesial baginya," ujar Mauricio dilansir laman resmi klub, Jumat (15/5) dini hari WIB.  "Dia adalah persona yang top, profesional dan salah satu kiper terbaik di Inggris. Sebuah kehormatan bisa bekerja sama dengan Friedel. Saya mengucapkan selamat kepadanya," kata pelatih berkebangsaan Argentina ini.

Sekadar gambaran, Friedel telah malang melintang selama 17 tahun di persepakbolaan negeri Ratu Elizabeth II.  Selain Villa dan Spurs, pria yang sudah tampil dalam 729 laga di Inggris itu pernah juga membela Liverpool. Salah satu rekor sensasional Friedel adalah membuat 310 penampilan sebagai pemain utama di Liga Primer secara beruntun sejak 2004 sampai Oktober 2012.  

Sukses selalu Friedel!

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement