Ahad 17 May 2015 04:38 WIB

Kalah dari Stuttgart, Hamburg di Ambang Degradasi

Red: M Akbar
Para pemain Hamburg SV melakukan selebrasi.
Foto: hsv.de
Para pemain Hamburg SV melakukan selebrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, BERLIN -- Mantan juara Eropa Hamburg SV hanya terpaut satu pertandingan dari terdegradasi untuk pertama kalinya dari Liga Jerman setelah takluk 1-2 di markas VfB Stuttgart pada Sabtu (16/5).

Bukannya memastikan mereka setidaknya mendapatkan satu spot playoff menjelang pertandingan terakhir musim ini saat dengan melawan Schalke 04, Hamburg kini menghadapi prospek degradasi, menghuni peringkat ke-17 dengan 32 angka, di mana Stuttgart menduduki spot playoff dengan keunggulan satu angka.

Tim utara Jerman itu merupakan satu-satunya klub yang selalu bermain di Bundesliga pada setiap musim sejak kompetisi itu dibentuk pada 1963.

"Merupakan kekecewaan besar di mana kami menyia-nyiakan keunggulan 1-0," kata pelatih Bruno Labbadia kepada para pewarta.

Labbadia mengambil alih posisi pelatih tim tersebut pada bulan lalu dan telah membawa Hamburg mendulang dua kemenangan dan satu kali imbang pada empat pertandingan, ketika mereka berupaya mengeluarkan diri dari zona degradasi.

"Beberapa hal tidak berjalan sebagaimana yang kami bayangkan. Kami mengambil keputusan-keputusan buruk yang dimanfaatkan Stuttgart dengan baik," tuturnya.

Juara Eropa pada 1983, tahun terakhir mereka meraih gelar Liga Jerman, Hamburg telah mendapat peringatan pada musim lalu ketika mereka perlu memainkan playoff untuk menghindarkan diri dari ancaman degradasi.

Mereka terlihat akan keluar dari masalah ketika Gojko Kacar membawa mereka unggul pada menit ke-12, melalui gol ketiganya dari tiga pertandingan namun Stuttgart kemudian mengambil inisiatif.

Tuan rumah, yang jauh lebih agresif, mencetak dua gol dalam delapan menit melalui Martin Harnik dan Christian Gentner untuk membalikkan keadaan dan memberi harapan positif kepada tim mereka sendiri.

"Kamilah yang melepas pertandingan ini. Sekarang kami harus mengalahkan Schalke dan juga melihat apa yang terjadi pada pertandingan-pertandingan lain," kata Labbadia mengenai pertandingan terakhir pekan depan.

Stuttgart melawat ke markas tim juru kunci Paderborn, dengan 31 angka, sedangkan Hanover 96 akan melawan Freiburg, di mana kedua tim memiliki 34 angka dan menghuni peringkat ke-15 dan 14. "Ini bukan posisi awal yang bagus, namun kami tidak akan menyerah," kata Labbadia.

sumber : antara/AFP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement