Selasa 19 May 2015 18:16 WIB

Mental Real Madrid Ambruk

Rep: c33/ Red: Damanhuri Zuhri
Penyerang Real Madrid, Cristiano Ronaldo
Foto: AP
Penyerang Real Madrid, Cristiano Ronaldo

REPUBLIKA.CO.ID, MADRID -- Bek Sayap Barcelona Jeremy Mathieu meyakini kalau Real Madrid kekurangan kekuatan mental. Harga kekurangan itu harus dibayar mahal lewat beberapa laga penting yang berakhir kurang memuaskan musim ini.

Mathieu merasa Barcelona secara psikologis lebih kuat daripada rivalnya itu. Skuat Luis Enrique telah memupuk semangat dan mental juara hingga tidak mudah goyah menghadapi tekanan.

Hal ini berbeda dibanding El Real yang terlihat kesulitan saat menghadapi laga-laga penting. "Madrid bertarung dengan keras dan membuat kita kesulitan, tapi mental mereka runtuh menjelang akhir musim," ucap Mathieu seperti dikutip dari situs goal.com (19/5).

Pemain tim nasional Prancis itu juga berpendapat kalau skuat Carlo Ancelotti sebenarnya memiliki peluang menyusul Barca.

Tetapi kelemahan mental El Real ia tuding menjadi penyebab penurunan performa rivalnya itu. Terbukti saat paruh kedua musim, Real kalah saat laga el Clasico di Camp Nou. Bahkan gagal meraih poin penuh saat bertemu Villarreal, Athletic Bilbao dan Valencia.

Berbanding terbalik dengan Barca yang mampu menyusun taktik apik untuk melumat lawan-lawannya menjelang akhir La Liga. Terbukti, Barca berhasil memastikan gelar juara setelah menang 1-0 atas juara bertahan Atletico Madrid.

Selisih empat poin dengan hanya menyisakan satu match tersisa tidak akan mampu dikejar Real. "Kita hanya lebih baik saat menjelang akhir musim, saya datang ke Barcelona demi gelar juara sehingga saya bangga bisa mendapatkannya," ungkapnya.

Selain faktor mental, Mathieu turut memuji peran Lionel Messi dalam perolehan gelar musim ini. Messi berhasil mencetak 54 gol dari 54 penampilannya di semua kompetisi.

"Messi adalah pemain yang bisa membuat perbedaan. Semua orang senang melihat dia kembali ke performa terbaiknya," pujinya.

Hingga kini, Barca masih berkesempatan memperoleh treble winners untuk yang kedua kalinya sepanjang sejarah. Setelah mengamankan gelar La liga, Barca berharap bisa menang di laga final Copa del Rey final melawan Athletic Bilbao dan final liga Champions menghadapi Juventus.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement