Rabu 20 May 2015 14:01 WIB

Xavi, Sosok Penghubung Messi dan Enrique

Rep: C33/ Red: Israr Itah
Xavi Hernandez
Foto: AP Photo/Manu Fernandez
Xavi Hernandez

REPUBLIKA.CO.ID, BARCELONA - Mantan bek Barcelona Erick Abidal meyakini peran Xavi Hernandez lebih penting dari semua pemain di tim Blaugarana. Xavi dinilai mampu menghubungkan Lionel Messi dan pelatih Luis Enrique yangs sempat tegang. 

Abidal yang menghabiskan enam musim bersama Barca dari 2007-2013 menyebut Xavi sebagai pemain yang pantas jadi monumen Barca. Ia pun menegaskan kalau pemain berusia 35 tahun itu seharusnya masih bisa memberi beberapa gelar lagi.

"Xavi adalah pemain monumental buat Barcelona seperti Carles Puyol. Dia bisa dibilang lambang tim sebab dia selalu bermain di sana," ujarnya kepada media Spanyol, Cadena SER.

Pemain tim nasional Prancis itu memuji Xavi sebagai pemain yang tidak diduga-duga bakatnya. Meski musim ini kurang berpengaruh akibat tampil minim, Abidal merasa Xavi pantas dihargai seperti dulu.

"Dia pemain berpengalaman. Saya yakin dia tidak hanya menghubungkan Messi dengan pelatih, tapi antara bos dengan seluruh pemain," pujinya.

Xavi sudah bersama Blaugrana sejak masih berumur 11 tahun. Setelah itu ia merangkak hingga mencapai level tim senior tahun 1998 sampai sekarang. Tercatat ia sudah tampil sebanyak 505 kali di semua level kompetisi. Ditambah torehan 58 gol dan 23 trofi juara mempermanis karirnya bersama El Barca.

Pemain tim nasional Spanyol itu masih berpeluang menambah koleksi trofinya bersama Barcelona sebelum berangkat ke Qatar karena Barcelona masih mungkin meraih trofi Copa del Rey dan Liga Champions. 

Ia dikabarkab akan mengumumkan kepindahannya pada akhir musim. Xavi sudah mengonfirmasi akan bergabung dengan klub kaya asal Qatar, Al Sadd. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement