Senin 25 May 2015 01:43 WIB

Juara Bundesliga Enam Kali Hampir Terdegradasi

Rep: C33/ Red: Citra Listya Rini
Bundesliga
Foto: wikipedia
Bundesliga

REPUBLIKA.CO.ID, HAMBURG   --  Hamburg SV berhasil menghindari jatuh secara langsung ke zona degradasi setelah mengalahkan Schalke 04 dengan skor 2-0 pada Sabtu (23/05). Kini Hamburg harus melalui babak play-off agar bisa terus bercokol di kasta tertinggi kompetisi sepakbola Jerman.

Juara Bundesliga enam kali itu masih belum juga terdegradasi sejak pertama kali tampil di Bundesliga pada 24 Agustus 1963. Namun, masuk ke babak play-off bisa membuat tim berjuluk Der Dinosaurier terhenti seketika.

Namun para penggawa Hamburg mengaku optimis di babak play-off. Menurut Lewis Holtby, dirinya mengaku semua rekamnya sudah berusaha agar tim tidak jatuh ke lubang degradasi."Saya senang kita sampai babak play-off, semua keinginan dan kepercayaan terbayar lunas," katanya dalam laman resmi Bundesliga.

Sedangkan Gojko Kacar mengakui ada tekanan dalam setiap pertandingan. Tapi dukungan penggemar di stadion membuatnya mampu melampaui tekanan itu."Fans memberi kita dukungan bagus. Kita harus bisa mengembalikan dukungan itu dengan hasil yang bagus," ujarnya.

Meski mengakhir musim ini di posisi ketiga terbawah, ada satu hal yang bisa membuat Hamburg bangga daripada tim lain. Hal tersebut bukanlah gelar juara bundesliga tapi jam penanda tahun, hari, jam, menit, dan detik klub tersebut ada di Bundesliga.

Bayern Muenchen bisa saja menjadi kampiun 25 kali hingga musim ini. Tapi satu-satunya tim yang tak bisa degradasi hingga hari ini hanyalah Hamburg. Seusai Bundesliga musim ini, Hamburg masih menyisakan PR yaitu memenangi play-off. Ada di peringkat 16 akan membuat klub besutan Bruno Labbadia menjalani play-off melawan peringkat ketiga divisi 2.

Bundesliga. Klub yang bermarkas di Imtech Arena bisa sedikit bernafas lega. Musim lalu mereka sempat menempuh hal serupa. Hamburg unggul agresivitas gol tandang dari Greuther Furth saat itu di babak play off. Pada kesempatan kali ini, Hamburg berharap pada tuah jam keramat di Imtech Arena sebab kejadian serupa bisa saja terulang kembali.

Paderborn yang musim lalu promosi ke Bundesliga Jerman harus terjerembab ke dalam degradasi setelah kalah 1-2 dari VfB Stuttgart. Stuttgart yang naik mengumpulkan 36 angka berada dalam zona aman. Sedangkan Freiburg juga juga kalah 1-2 dari Hanover 96 hingga harus tersisih dari Bundesliga pada matchday terakhir.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement