Sabtu 30 May 2015 19:06 WIB

PSSI Kena Sanksi FIFA

Rep: C03/ Red: Indira Rezkisari
Presiden FIFA, Sepp Blatter
Foto: Reuters
Presiden FIFA, Sepp Blatter

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kabar duka datang dan menyelimuti sepak bola Indonesia. Federasi sepak bola dunia, FIFA, akhirnya memastikan bahwa sepak bola Indonesia mendapatkan sanksi dari otoritas tertinggi sepak bola dunia tersebut.

Hal itu disampaikan oleh Wakil Ketua Umum PSSI, Hinca Pandjaitan, Sabtu (30/5) sore WIB. Hinca mengatakan, hal tersebut sudah diutarakan oleh bagian administratif eksekutif komite FIFA dan sudah masuk dalam bahasan rapat eksekutif komite yang sedang berlangsung sampai berita ini diturunkan.

”Sangat menyedihkan bagi kami yang ada di Swiss. FIFA sudah memastikan bahwa negara kita tercinta akan disanksi FIFA sampai waktu yang tidak ditentukan,” ujar Hinca. Nada suaranya lewat sambungan telepon langsung dari Swiss terdengar lemas dan bergetar.

Sanksi itu akan dicabut oleh federasi yang dipimpin oleh Sepp Blatter itu jika pemerintah Indonesia dalam hal ini Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi segera mencabut intervensi pemerintah. Pemerintah diharapkan mencabut pembekuan terhadap federasi sepak bola Indonesia yakni PSSI.

”Sebentar lagi akan diputuskan oleh FIFA yang masih melakukan rapat komite eksekutif saat ini,” ujar pria asal Medan itu.

Kendati kabar sanksi yang sangat berat itu sudah dipastikan akan dijatuhkan kepada Indonesia, namun pihak PSSI yang berada di Kongres FIFA di Zurich, Swiss, yakni Presiden PSSI La Nyalla Mattalitti, Sekjen PSSI Azwan Karim dan Wakil Ketua Umum PSSI Hinca Panjaitan akan berjuang terus untuk mendapatkan kesempatan bermain di Sea Games. Karena pertimbangan nasionalisme dan Timnas U-23 yang sudah berada di Singapura untuk persiapan melaksanakan pertandingan cabang olahraga sepak bola.

”Kami akan berusaha melobi dan berjuang agar Sea Games Indonesia tetap bisa bermain dan bisa melaksanakan pertandingan hingga tuntas. Karena kami mendapatkan kabar dari tanah air kalau Timnas sudah ada di Singapura. Semoga kami berhasil melobi pertandingan Sea Games. Kami mohon doa kepada masyarakat Indonesia,” harapnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement