Rabu 03 Jun 2015 05:25 WIB

Jérôme Valcke Urutan Teratas Kandidat Pengganti Blatter?

Rep: c85/ Red: Agung Sasongko
Jerome Valcke
Foto: AP/Silvia Izquierdo
Jerome Valcke

REPUBLIKA.CO.ID, ZURICH -- Sepp Blatter menyatakan mundur dari jabatannya sebagai Presiden FIFA. Keputusannya tepat 5 hari setelah dirinya memenangi voting yang memilih dirinya kembali menjadi Presiden FIFA.

Blatter mundur di saat FIFA dilanda dugaan korupsi skala besar yang diduga telah berlangsung bertahun-tahun. Lantas siapa yang akan gantikan Blatter sebagai Preisden FIFA? Berikut daftar kandidat kuat pengganti Blatter, seperti dilansir dari The Guardian, Rabu (3/6).

Jerome Valcke berada di urutan teratas. Wajar, ini mengingat sosok Valcke akan menjadi terfavorit untuk menggantikan Blatter. Warga Negara Prancis ini mulai bekerja untuk FIFA pada tahun 2003. Dirinya sempat didepak dari FIFA sebagai Direktur Pemasaran pada tahun 2006 setelah dinyatakan bersalah melakukan penipuan kepada MasterCard dan Visa, namun dirinya ditarik kembali 10 bulan kemudian, justru menjadi Sekretaris Jenderal.

Diposisi kedua, muncul nama Presiden UEFA, Michel Platini. Sebagai presiden UEFA, di mana ia baru-baru ini terpilih kembali untuk masa jabatan empat tahun lagi, dialah yang memperkenalkan peraturan financial fair play yang disengketakan dan memperluas Kejuaraan Eropa untuk 24 tim. Komite eksekutif UEFA akan bertemu di Berlin akhir pekan ini untuk merencanakan langkah berikutnya.

Nama Pangeran Ali bin al-Hussein, Presiden Asosiasi Sepakbola Jordan dan Wakil Presiden FIFA masuk dalam daftar kandidat. Pria berusia 39 tahun itu dikalahkan oleh Blatter dalam pemilihan presiden pekan lalu.  "Ini adalah waktu untuk mengalihkan fokus dari kontroversi administratif dan kembali ke olahraga," kata Ali dalam kampanyenya.

Sementara kandidat lain yang diprediksi masuk, Luis Figo (Mantan pemain internasional Portugal), Michael van Praag

(Pelatih asal Belanda), Issa Hayatou (Presiden Konfederasi Sepak Bola Afrika sejak tahun 1988), Jérôme Champagne (Mantan deputi jenderal FIFA), dan  Sheikh Ahmad Al-Fahad Al-Sabah (Warga Negara Kuwait).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement