Rabu 03 Jun 2015 08:14 WIB

Persib Izinkan Pemainnya Ikut Tarkam

Rep: Ali Mansur/ Red: Hazliansyah
Umuh Muchtar
Foto: Republika/Yogi Ardhi
Umuh Muchtar

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dampak sanksi FIFA terhadap PSSI mulai terasa. Tim juara bertahan Persib Bandung, berencana melepas pemain asingnya. Hal itu disampaikan langsung oleh manajer tim berjuluk Maung Bandung, Umuh Muchtar. 

Saat ini Persib dihuni tiga pemain asing, yakni Vladimir Vujovic, Makan Konate, dan Ilija Spasojevic.

Umuh mengatakan, wacana itu dinilai sebagai kebaikan pemain. Sekaligus membuka kesempatan bagi mereka untuk menerima tawaran dari klub-klub luar negeri. Namun itu belum menjadi keputusan tetap dari manajemen PT Persib Bandung Bermartabat (PT PBB) dan baru sebatas wacana pribadi. 

Hal itu rencananya akan disampaikannya saat rapat dengan semua pemangku kebijakan PT PBB. "Kalau ditahan tapi tidak ada kejelasan juga soal kompetisi, kasihan juga mereka. Mungkin lebih baik, mereka dikembalikan," kata Umuh, di laman resmi klub, Rabu (3/6).

Untuk pemain lokal menurutnya masih ada kemungkinan bertahan. Sebab, mereka tidak dapat tampil di luar negeri. Akan tetapi semuanya tetap melihat situasi dan pertemuan dengan pemain sebelum diputuskan. Ia mencontohkan, bisa saja dipertahankan dengan kesepakatan misalnya mungkin ada revisi kontrak.

Namun, jika tidak bertahan, Umuh mengusulkan hal yang sama seperti pada pemain asing. Pria berkumis itu mempersilakan pemainnya terlibat pertandingan antar kampung (tarkam). Tapi dengan catatan tetap menjaga kondisi dan jangan sampai cedera. 

"Beberapa hari ini, saya nggak bisa tidur. Saya bingung ingin cerita apa kepada pemain. Saya menilai mereka belum siap. Situasi ini membunuh klub sampai akar-akarnya," kata Umuh. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement