Rabu 03 Jun 2015 10:33 WIB

Komentar Pele untuk Masa Depan FIFA

Rep: Ali Mansur/ Red: Angga Indrawan
Pele
Foto: AP Photo/Invision untuk SUBWAY
Pele

REPUBLIKA.CO.ID, HAVANA-- Legenda sepak bola asal Brasil, Pele sangat prihatin dengan kondisi FIFA saat ini. Pele merasa sangat terkejut dengan mundurnya presiden FIFA terpilih, Sepp Blatter. Meski demikian, Pele menegaskan FIFA saat ini membutuhkan orang-orang jujur. Bagi dirinya persoalan korupsi bukanlah masalahnya. Pele juga berharap, FIFA memilih pengganti secepatnya.

Menurut Pele, FIFA harus menempatkan orang secara bersama-sama untuk menghentikan perang. Maka dari itu, Pele mendesak agar FIFA segera menemukan pengganti Sepp Blatter. Dengan pengunduran diri Blatter, presiden FIFA yang baru tampaknya mulai mengarah kepada penantang tunggal Blatter dalam kongres lalu, Pangeran Ali bin Al Hussein dari Yordania. Pangeran Ali mengundurkan diri meskipun masuk putaran kedua, setelah kalah suara dari Blatter pada voting putaran pertama, 133 lawan 73.

“Posisi saya seperti pemain. Saya ingin melihat sepakbola menempatkan orang secara bersama-sama menghentikan perang. Apa yang terjadi dengan korupsi, ini bukan masalah saya," ujar Pele sepperti dilansir BBC Sport, Rabu (3/6). Saat itu dirinya tengah menghadiri pertandingan persahabatan antara New York Cosmos dan tim nasional Kuba.

Saat ini Sepp Blatter sedang dalam pemyelidikan Amerka sebagai bagian dari kasus korupsi yang melibatkan sejumlah pejabat eksekutif organisasi sepakbola dunia itu. Berita penyelidikan itu muncul hanya beberapa jam setelah Blatter mengumumkan pengunduran dirinya dari jabatan sebagai Presiden FIFA. 

Departemen kehakiman AS mengatakan 14 orang berada di bawah penyelidikan di seluruh dunia karena diduga menerima suap yang jumlahnya lebih dari 150 juta dolar AS selama periode 24 tahun. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement