REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER -- Manchester United kini menjadi merek klub paling berharga dunia dengan mengalahkan Bayern Muenchen. Hal ini seperti dilaporkan dari lembaga konsultasi merek ternama.
Musim 2014/2015, Manchester United sebenarnya tidak berhasil memperoleh gelar apapun. Di kancah domestik, Liga Primer Inggris dan Piala FA gagal didapatkan. Sedangkan trofi Liga Champions pupus dari harapan.
Beruntungnya, hal itu tidak menurunkan harga merek the Red Devils. Seperti dilansir dari BBC, diperkirakan MU mampu dihargai sebesar 1,2 miliar dollar.
Perlu diketahui, enam dari sepuluh besar tim dengan merek paling berharga adalah klub-klub Inggris. Bahkan Barcelona yang baru saja memperoleh treble winners kedua kalinya gagal meningkatkan harga merek klub.
Pasalnya, La Blaugrana terperosok dua peringkat dari tahun lalu. Kini skuat asuhan Luis Enrique ada di peringkat keenam dengan total harga merek ditaksir sebesar 773 juta dollar.
Padahal menurut laporan terakhir, diperkirakan jumlah penggemar MU di seluruh dunia makin menurun seiring keringnya perolehan trofi."Bahkan kalau laporan terakhir menjelaskan MU kehilangan banyak penggemar, penggemar MU di India, Asia Tenggara dan Cina berkontribusi sekitar setengah miliar orang," tulis laporan tersebut.
Tingkat merek MU yang begitu berharga membuat sejumlah perusahaan tidak ragu lagi berinvestasi di Old Trafford. Penandatanganan sponspor atas nama perusahaan Chevrolet dan Adidas diperkirakan berharga senilai 750 juta pounds. Perjanjian sponsor dengan Adidas sejak 2014 itu berdurasi sepuluh tahun.