Kamis 18 Jun 2015 21:10 WIB

Neville Jadi Kambing Hitam

Rep: Risa Herdahita/ Red: Fernan Rahadi
Phil Neville
Foto: metro.co.uk
Phil Neville

REPUBLIKA.CO.ID, Pada 20 Juni 2000, timnas Rumania secara mengejutkan sanggup mempecundangi timnas Inggris. The Three Lions saat itu harus tersingkir dari perhelatan Piala Eropa 2000 gara-gara kalah dengan skor 2-3.

Setelah kalah dari Portugal pada laga pertama mereka di penyisihan Grup A, Inggris mengalahkan Jerman untuk pertama kalinya di turnamen resmi sejak 1966. Setelahnya, Inggris harus berhadapan dengan Rumania di laga penentuan.

Bermain di hadapan 30 ribu penonton di Stade du Pays de Charleroi, Rumania lebih dulu memimpin pada menit ke-22 berkat gol bek muda Cristian Chivu. Sebelum jeda, Inggris sebenarnya sudah berhasil membalikkan keadaan setelah mencetak dua gol balasan.

Gol penalti Alan Shearer dan gol Michael Owen di injury time babak pertama tampaknya sudah mengamankan Inggris untuk bisa lolos dari fase Grup A. Hanya saja, tiga menit usai jeda, Rumania justru mampu menyamakan kedudukan melalui Dorinel Munteanu.

Dengan skor 2-2, sebenarnya Inggris masih dalam keadaan aman. Dalam laga itu, sebenarnya Inggris hanya butuh hasil seri untuk bisa lolos ke babak selanjutnya.

Sayangnya, impian mereka pupus pada menit ke-89. The Three Lions harus mengubur harapan ke perempat final setelah Phil Neville melakukan pelanggaran keras kepada striker Rumania, Viorel Moldovan, di dalam kotak penalti.

Striker pengganti, Ionel Genea, yang ditunjuk sebagai algojo memanfaatkan peluang emas itu dengan baik setelah tendangannya mengecoh kiper Inggris, Nigel Martyn. Inggris akhirnya kalah 2-3 dan harus angkat kopor dari perhelatan yang berlangsung di Belanda dan Belgia itu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement