Ahad 28 Jun 2015 04:16 WIB

Swedia Hadapi Portugal di Final Piala Eropa U-21

Rep: Eko Supriyadi/ Red: M Akbar
Sweden’s John Guidetti (L) and Sweden’s Isaac Kiese Thelin celebrates a goal during UEFA European Under-21 soccer championship semifinal match Sweden vs Denmark in Prague, Czech Republic, 27 June 2015.
Foto: EPA/FILIP SINGER
Sweden’s John Guidetti (L) and Sweden’s Isaac Kiese Thelin celebrates a goal during UEFA European Under-21 soccer championship semifinal match Sweden vs Denmark in Prague, Czech Republic, 27 June 2015.

REPUBLIKA.CO.ID, PRAHA -- Swedia memastikan diri tampil ke final Piala Eropa U-21 setelah mengalahkan Denmark 4-1 di Generali Arena, Praha, Ahad (28/6) dini hari WIB. Di partai pamungkas, Swedia telah ditunggu Portugal yang sebelumnya sukes mencukur Jerman lima gol tanpa balas.

Kemenangan Swedia ini ditentukan lewat gol yang disumbangkan oleh Guideti pada menit ke-23, Tibbling (26), Quaison (83) dan Hiljemark (95). Denmark mampu memperkecil ketertinggalan lewat Bech (63).

Striker Manchester City John Guidetti membawa Swedia unggul lebih dulu lewat titik putih pada menit ke-23. Guidetti tanpa kesalahan menaklukan kiper Denmark untuk membawa keunggulan Swedia menjadi 1-0.

Tiga menit berselang, Simon Tibbling mampu menggandakan keunggulan bagi Swedia menjadi 2-0. Gol kedua juga berkat upaya Guidetti yang membawa bola menuju kotak penalti, sebelum ia memberikan umpan ke kotak penalti, dimana bek Denmark terpeleset dan Tibbling yang mendapatkan peluang. Dengan mulus melepaskan tendangan kaki kanan untuk merobek gawang Denmark. Hingga turun minum, skor tidak berubah untuk keunggulan Swedia.

Memasuki babak kedua, Denmark mencoba bangkit. Terbukti, mereka berhasil memperkecil ketertinggalan pada menit ke-63, setelah Bech menjebol gawang Swedia untuk mengubah kedudukan menjadi 2-1. Alih -alih menyamakan kedudukan, Denmark asik menyerang Swedia.

Akibatnya, pertahanan mereka lengah, sehingga bisa dimanfaatkan oleh striker Swedia RObin Quaison, kembali menambah keunggulan timnya pada menit ke-83. Pemain belakang Denmark gagal melakukan clearence di kotak penaltinya, yang membuat Quaison mampu menjangkau bola dan melakukan tendangan kaki kanan yang cukup keras untuk merobek gawang Denmark.

Penderitaan Denmark semakin menjadi-jadi usai Oscar Hiljemark mencetak gol penutup di akhir pertandingan. Hiljemark menyumbangkan gol bagi timnya usai menerima umpan manis dari Larsson untuk menyelesaikan dengan baik kesempatan tersebut. Hingga peluati akhir pertandingan, skor 4-1 tidak berubah untuk keunggulan Swedia.

Dengan kemenangan tersebut, Swedia akan berhadapan dengan Portugal yang pada pertandingan sebelumnya mampu mengalahkan Jerman 5-0.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement