Ahad 28 Jun 2015 06:44 WIB
Copa America 2015

Dramatis, Paraguay Singkirkan Brasil

Rep: Eko Supriyadi/ Red: M Akbar
Pemain timnas Paraguay melakukan selebrasi usai menyingkirkan Brasil di babak perempat final Copa Amerika 2015 di Estadio Municipal, Concepcion, Cile, Sabtu (27/6).
Foto: Reuters/Carlos Garcia Rawlins
Pemain timnas Paraguay melakukan selebrasi usai menyingkirkan Brasil di babak perempat final Copa Amerika 2015 di Estadio Municipal, Concepcion, Cile, Sabtu (27/6).

REPUBLIKA.CO.ID, CONCEPCION -- Paraguay secara dramatis berhasil menyingkirkan tim favorit Brasil dari pentas Copa America 2015. Di laga semifinal nanti, Paraguay akan bertemu dengan Argentina yang sudah mengamankan tiketnya sehari lebih awal.

Dalam laga perempat final yang digelar Estadio Municipal Alcaldesa Ester Roa Rebolledo, Ahad (28/6) pagi WIB, Paraguay mengalahkan Brasil dengan skor 4-3 lewat adu penalti. Aksi berbalas dari titik putih itu dijalani setelah Paraguay berhasil memaksa Brasil menuntaskna laga babak kedua dengan skor imbang 2-2.

Gol penentu Paraguay di babak kedua itu disumbangkan oleh Derlis Gonzalez pada menit ke-72 melalui eksekusi penalti yang sempurna. Hadiah penalti itu diraih setelah wasit melihat tangan Thiago Silva menyentuh bola di areal terlarang.

Sementara itu Brasil sempat memimpin ketika laga baru berjalan 15 menit. Gol pembuka tersebut disumbangkan oleh Robinho melalui sontekan kaki kanannya. Sayang, di saat Brasil harus menuntaskan laga dari adu penalti, Robinho hanya bisa menyaksikan laga tersebut dari pinggir lapangan.

Pelatih timnas Brasil Dunga telah menarik Robinho keluar lapangan di sisa tiga menit waktu normal babak kedua. Sebagai penggantinya adalah Everton Ribeiro. Sungguh ironis, pengganti Robinho ini ternyata juga gagal menjalankan tugasnya sebagai eksekutor penalti. Tendangan Ribeiro tidak berhasil menemukan sasaran meski kiper Paraguay telah salah langkah.

Dalam drama adu penalti tersebut, Fernandinho yang menjadi penendang pertama dari Brasil mampu menjalanakan tugasnya dengan baik. Begitu juga eksekutor pertama Paraguay Martinez. Ribeiro yang menjadi penendang kedua Brasil gagal memasukan bola ke gawang Villar setelah tendangannya melebar.

Caceres dan Bobadila berturut-turut mampu mengamban tugasnya dengan baik. Sementara Douglas Costa gagal akibat tendangannya melambung yang membuat Brasil semakin tertinggal. Santa Cruz yang menjadi seharusnya penentu juga gagal menyarangkan bola. Coutinho yang menjadi penendang kelima Brasil mampu menaklukan Jefferson.

Gonzalez yang menjadi penendang terakhir mampu membawa Paraguay lolos ke semifinal dengan menjadikan skor 4-3 usai tendangan merobek gawang Jefferson. Dengan hasil ini, Paraguay akan berhadapan dengan Argentina di semifinal.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement