Selasa 30 Jun 2015 07:42 WIB
Copa America 2015

Babak Pertama, Gol Vargas Bawa Cile Ungguli 10 Pemain Peru

Rep: C19/ Red: Israr Itah
Ekspresi Eduardo Vargas usai menjebol gawang Peru
Foto: REUTERS/Ivan Alvarado
Ekspresi Eduardo Vargas usai menjebol gawang Peru

REPUBLIKA.CO.ID, SANTIAGO -- Gol Eduardo Vargas menjadi pembeda pada babak pertama laga semifinal Copa America 2015 yang mempertemukan Cile kontra Peru di Stadion Nacional Julio Martínez Prádanos, Santiago de Chile, Selasa (30/6). Gol pada menit ke-42 ini membawa Cile unggul 1-0 pada paruh pertama.

Aroma persaingan sengit antara tua rumah, Cile dan Peru telah tampak sejak menit awal. Tetapi tuan rumah langsung mengurung pertahanan tim tamu dalam pertarungan yang dikenal dengan Clasico del Pacifico ini. Cile melancarkan serangan perdana pada menit kedua namun gagal dimaksimalkan lantaran Mauricio Isla dinyatakan offside.  Dua menit berselang, tendangan penjuru dari Vargas masih bisa diblok pemain belakang Peru.

Peru membalas lewat Jefferson Farfan. Tandukan pemain Schalke 04 itu memanfaatkan umpan matang rekannya Paolo Guerrero hanya mengenai tiang sebelah kanan Cile yang dijaga Claudio Bravo. Setelah itu, Peru mendapatkan tendangan sudut lewat upaya Guerrero, yang sayangnya masih belum berbuah gol. 

 

Pertarungan ketat dan alot ini akhirnya memakan korban pada menit ke-20. Carlos Zambrano mengangkat kakinya terlalu tinggi hingga mengenai pantat gelandang serang Cile Charles Aranguiz. Wasit pun mengusir Zambrano dengan kartu merah.

Daya gedor La Roja, julukan Cile meningkat setelah Peru terpaksa bermain dengan 10 pemain. Upaya Arturo Vidal, Aranguiz, Valdiva maupun Alexis Sanchez akhirnya membuahkan hasil tiga menit jelang turun minum.

Berawal dari operan Vidal kepada Sanchez di sisi kanan pertahanan Peru, winger Arsenal itu melakukan gerakan memotong kemudian melepaskan umpan ke depan mulut gawang. Aranguiz berusaha menyambut tapi gagal. Bola melaju menerpa tiang dan memantul. Vargas yang berada dalam kawalan tak sempurna menyambut bola dalam kesempatan pertama.

Namun ia berhasil menjebol gawang Peru pada kesempatan kedua saat pengawalnya gagal mengamankan bola pantul tersebut dengan sempurna. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement