Selasa 30 Jun 2015 08:23 WIB
Copa America 2015

Bungkam Peru 2-1, Cile ke Final Copa America 2015

Rep: C19/ Red: Israr Itah
Eduardo Vargas usai mencetak gol keduanya ke gawang Peru
Foto: REUTERS/Ricardo Moraes
Eduardo Vargas usai mencetak gol keduanya ke gawang Peru

REPUBLIKA.CO.ID, SANTIAGO -- Cile melangkah ke partai puncak Copa America 2015. La Roja tampil di final usai menaklukkan Peru 2-1 pada laga semifinal di Stadion Nacional Julio Martínez Prádanos, Santiago de Chile, Selasa (30/6).

Eduardo Vargas menjadi pahlawan tuan rumah. Golnya pada menit ke-42 dan 64 memastikan kemenangan Cile. Peru hanya mampu membalas lewat bunuh diri Gary Medel.

Aroma persaingan sengit antara tua rumah, Cile dan Peru telah tampak sejak menit awal. Tetapi tuan rumah langsung mengurung pertahanan tim tamu dalam pertarungan yang dikenal dengan Clasico del Pacifico ini. Cile melancarkan serangan perdana pada menit kedua namun gagal dimaksimalkan lantaran Mauricio Isla dinyatakan offside.  Dua menit berselang, tendangan penjuru dari Vargas masih bisa diblok pemain belakang Peru.

Peru membalas lewat Jefferson Farfan. Tandukan pemain Schalke 04 itu memanfaatkan umpan matang rekannya Paolo Guerrero hanya mengenai tiang sebelah kanan Cile yang dijaga Claudio Bravo. Setelah itu, Peru mendapatkan tendangan sudut lewat upaya Guerrero, yang sayangnya masih belum berbuah gol.

Pertarungan ketat dan alot ini akhirnya memakan korban pada menit ke-20. Carlos Zambrano mengangkat kakinya terlalu tinggi hingga mengenai pantat gelandang serang Cile Charles Aranguiz. Wasit pun mengusir Zambrano dengan kartu merah.

Daya gedor La Roja, julukan Cile meningkat setelah Peru terpaksa bermain dengan 10 pemain. Upaya Arturo Vidal, Aranguiz, Valdiva maupun Alexis Sanchez akhirnya membuahkan hasil tiga menit jelang turun minum.

Berawal dari operan Vidal kepada Sanchez di sisi kanan pertahanan Peru, winger Arsenal itu melakukan gerakan memotong kemudian melepaskan umpan ke depan mulut gawang. Aranguiz berusaha menyambut tapi gagal. Bola melaju menerpa tiang dan memantul. Vargas yang berada dalam kawalan tak sempurna menyambut bola dalam kesempatan pertama.

Namun ia berhasil menjebol gawang Peru pada kesempatan kedua saat pengawalnya gagal mengamankan bola pantul tersebut dengan sempurna.

Babak kedua, Cile tak mengendurkan tekanan. Tapi Peru juga memberikan perlawanan lewat serangan balik.

Farfan nyaris menyamakan kedudukan ketika tandukannya tepat mengarah ke Bravo pada menit ke-53.

Peru akhirnya membuat skor imbang 1-1 setelah Medel salah mengantisipasi umpan silang Farfan. Tapi Medel membalas kesalahannya dengan mengirimkan operan untuk terciptanya gol kedua Cile. Pada ment ke-64, Vargas melepaskan tendangan jarak jauh keras yang gagal diantisipasi kiper Peru Pedro Gallese.

Cile masih mendapatkan sejumlah peluang hingga laga berakhir tapi gagal mengonversinya. Tandukan Vargas menyambut umpan matang Vidal melambung jauh di atas mistar. Begitu pula Sanchez yang melihat bola sepakannya di kotak penalti Peru melambung.

Peluang terakhir Cile terjadi pada injury time. Dalam skema serangan balik, Vidal lepas di kotak penalti. Tapi sepakan kerasnya masih membentur kaki Gallese.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement