Rabu 01 Jul 2015 08:55 WIB

Argentina Lolos Final Copa America Setelah Menggilas Paraguay 6-1

Rep: C19/ Red: Citra Listya Rini
Timnas Argentina
Foto: Reuters/Dylan Martinez
Timnas Argentina

REPUBLIKA.CO.ID, CONCEPCION --  Timnas Argentina mengamuk. Seakan ingin membungkam kritik produktivitas gol, pasukan Gerardo Martino ini melenggang ke final Copa America setelah meggilas Paraguay 6-1 pada semifinal Copa America di Estadio Municipal Alcaldesa Ester Roa Rebolledo, Concepción, Cile, Rabu (1/7) pagi WIB.

Gol bagi Argentina di paruh pertama meluncur dari tendangan Marcos Rojo pada menit 15 dan sepakan Javier Pastore menit 27. Gol paruh kedua lahir dari dwigol Angle Di Maria pada menit 47 dan 52, serta Sergio Aguero menit 80 disusul Gonzalo Higuain tiga menit berselang. Paraguay memperkecil selisih gol lewat striker Lucas Barrios di menit 42.

Marcos Rojo membuka keunggulan bagi Argentina setelah mendapat umpan tendangan bebas Lionel Messi dari luar kotak pinalti. Tendangan kaki kiri pemain yang dikartu kuning pada menit 12 ini tak mampu dihalau Justo Villar.

Sementara gol kedua dari tendangan keras Pastore juga berkat memaksimalkan assist Lionel Messi. Gol Di Maria memaksimalkan umpan Bruno Valdez dan Javier Pastore. Lalu Aguero memanfaatkan umpan Di Maria dan Higuain dimanjakan assist ketiga Messi.

Sebelumnya pertandingan berjalan cukup alot setelah skor bertahan 4-1, walaupun Argentina tetap menguasai jalannya pertandingan. Paraguay tampak lebih merapatkan barisan belakang tim, sebelum kartu kuning sempat dijatuhkan pada Richard Ortiz yang melanggar Sergio Aguero.

Keunggulan Argentina di paruh pertama sekaligus mengingatkan laga perdana Grup B yang sempat mempertemukan kedua tim.  Kala itu Argentina langsung unggul dua gol namun Paraguay berhasil menyamakan kedudukan di paruh kedua. Bedanya kali ini Paraguay membalas gol lebih cepat ketimbang laga perdana. Paraguay pun seakan tapil lebih percaya diri setelah menciptakan gol pertama.

Tetapi setelah gol kedua bagi Argentina tercipta, kapten Paraguay Santa Cruz digantikan Lucas Barrios. Lalu Paolo Da Silva diganjar kartu kuning setelah melanggar Aguero. Begitu juga seusai gol keempat La Albicelste, Ramon Diaz kembali mengganti pemainnya, Haedo Valdez dengan Oscar Romero.

Sejak menit awal, Argentina langsung tampil menekan dan merebut penguasaan bola. Tetapi Paraguay juga melakukan tekanan cukup baik. Sampai menit ketujuh, pasukan Ramon Diaz mendapat peluang emas lewat tendangan kapten Roque Santa Cruz di tepi kotak yang mencoba memanfaatkan sundulan Nelson Valdez.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement