Kamis 02 Jul 2015 03:47 WIB

Ayah Pemain MU Jadi Pelatih Timnas Belanda

Rep: Gilang Akbar Prambadi/ Red: Erik Purnama Putra
Pelatih timnas Belanda, Danny Blind.
Foto: Reuters
Pelatih timnas Belanda, Danny Blind.

REPUBLIKA.CO.ID, AMSTERDAM — Ayah dari pemain belakang Manchester United (MU) Daley Blind, Danny Blind resmi menjadi pelatih timnas Belanda. Danny menggantikan Guus Hiddink yang mundur dari posisinya setelah baru melatih setahun saja.

Hasil tak memuaskan yang Hiddink torehkan selama menukangi oranje membuat mantan pelatih FC Anzhi Makhachkala itu memilih menanggalkan jabatannya. Di saat ini lah, Blind yang duduk sebagai asisten Hiddink ditunjuk untuk melatih sebagai pelatih kepala Belanda.

“Ini sebuah kegembiraan, karena kami dengan cepat mendapatkan suksesor tepat setelah mundurnya Hiddink,” ujar Sekjen Federasi Sepak Bola Belanda (KNVB) Bert van Oostveen dikutip Het Laatste Nieuws, Kamis (2/7).

Blind pun menyambut positif pengangkatan dirinya. Dia yang dikontrak Timnas Belanda hingga 2018 ini menegaskan siap untuk membawa negaranya berjaya di kancah sepak bola dunia, khususnya Eropa.

“Target pertama adalah lolos ke Piala Eropa tahun depan. Saya dan jajaran staf kepelatihan akan fokus untuk mewujudkan hal itu,” katanya.

Di bawah Hiddink, Belanda mengoleks 10 poin dalam grup kualifikasi Piala Eropa 2016. Jumlah itu membawa Belanda hanya menduduki posisi ketiga dengan empat pertandingan tersisa. Peraih peringkat ketiga di Piala Dunia 2014 lalu, tertinggal dari Republik Ceska (13) dan Islandia (15 poin).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement