Ahad 05 Jul 2015 21:02 WIB

Keajaiban Bern

Rep: Risa Herdahita/ Red: Fernan Rahadi
Striker Timnas Hungaria, Ferenc Puskas (kanan), melepaskan tembakan saat menghadapi Jerman di final Piala Dunia 1954.
Foto: AP
Striker Timnas Hungaria, Ferenc Puskas (kanan), melepaskan tembakan saat menghadapi Jerman di final Piala Dunia 1954.

REPUBLIKA.CO.ID, Pada 4 Juli 1954, Jerman Barat memenangkan trofi Piala Dunia pertama mereka. Kemenangan atas Hungaria dengan skor 3-2 itu terkenal dengan sebutan "Keajaiban Bern".

Kemenangan Jerman itu sekaligus mengakhiri rekor tak terkalahkan Hungaria dalam 31 pertandingan. Tak hanya itu, keberhasilan ini juga membalas kekalahan mereka atas Hungaria dengan skor 3-8 di babak penyisihan grup turnamen itu.

Bermain di tengah hujan deras di hadapan 64 ribu penonton, Hungaria tampak seperti akan memperpanjang rekor kemenangan mereka. Bermain di Stadion Wankdorf di Bern, Swiss, Hungaria memimpin laga final itu lebih dulu dengan skor 2-0 pada delapan menit pertama.

Adalah kapten Ferenc Puskas yang menempatkan Hungaria memimpin 1-0 pada menit ke-6 dengan tembakan sejauh 10 yard. Dua menit kemudian, Zoltan Czibor menggandakan keunggulan itu dengan cara yang sama.

Namun, Jerman dengan cepat menyamakan kedudukan. Pada menit ke-10, Maz Morlock menembakkan bola melewati kiper Hungaria. Setelahnya, pada menit ke-18, striker Helmut Rahn mencetak gol penyama.

Skor pun berubah menjadi 2-2 pada paruh pertama pertandingan. Usai turun minum, Rahn kembali menjaringkan lagi bola untuk Jerman. Mereka memimpin 3-2 pada menit ke-84.

Di titik ini, sebenarnya Puskas muncul untuk menyamakan kedudukan bagi Hungaria. Sayangnya, gol yang dicetaknya pada menit ke-89 dianulir wasit karena ia berada dalam posisi offside.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement