Rabu 15 Jul 2015 19:55 WIB

Lima Hal yang Perlu Diketahui tentang Pablo Aimar

Rep: C03/ Red: M Akbar
Pablo Aimar
Foto: fifa.com
Pablo Aimar

REPUBLIKA.CO.ID, BUENOS AIRES -- Pablo Cesar Aimar Giordano telah memutuskan untuk pensiun dari dunia sepakbola, Rabu (15/7). Ia merupakan salah satu pesepakbola asal Argentina yang meraih masa keemasannya di kompetisi Eropa pada era 2000-an.

Berikut ini rangkuman dari perjalan karier sepakbola Pablo Aimar:

1. Aimar merupakan jebolan akademi sepakbola Argentina, Estudiantes Rio Cuarto. Dia kemudian direkrut River Plate pada 1993. Namun tujuh tahun berselang dia baru bergabung dengan skuat utama. Empat musim memperkuat River Plate ia mengemas 21 gol dari 82 laga. Ia sukses mempersembahkan dua trofi liga dan satu trofi piala super untuk River Plate.

 

2. Valencia adalah klub kedua yang sempat dibela Aimar. Di sinilah masa kejayaan Aimar dalam dunia sepakbola eropa. Ia diboyong ke Spanyol dengan bandrol 24 juta euro (Rp 353 miliar).

Lima musim memperkuat Los Che, ia mengemas 27 gol dari 162 laga. Dia merasakan dua kali mengangkat trofi La Liga, dua kali trofi piala super dan satu trofi liga Europa. Sementara itu, di final Liga Champions musim 2000/2001 Aimar gagal membawa timnya juara setelah dikalahkan Bayern Muenchen lewat adu penalti.

 

3. Pada 2006 karier Aimar mulai meredup. Dia kemudian dilepas Valencia ke Real Zaragoza dengan banderol 11 juta euro (Rp 161 miliar). Aimar hanya dua musim memperkuat Los Blanquillos. Dari 47 pertandingan di La Liga, dia hanya mencetak lima gol.

 

4. Aimar pun memutuskan pindah kompetisi. Dia kemudian bergabung dengan klub Liga Primer Portugal Benfica. Aimar kembali pada penampilan terbaiknya, musim kedua bersama Benfica ia memberikan trofi Liga. Selama lima musim di Portugal, Aimar sudah bermain 171 di seluruh kompetisi.

 

5. Sebelum kembali ke River Plate awal tahun ini. Aimar sempat mencicipi persaingan Liga Super Malaysia. Aimar memutuskan pensiun dari sepakbola di klub profesional pertama yang membesarkan namanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement