Sabtu 18 Jul 2015 09:19 WIB

Diduga Korupsi, Ketua Federasi Sepak Bola Bolivia Ditahan

Federasi sepak Bola Bolivia
Foto: wikipedia
Federasi sepak Bola Bolivia

REPUBLIKA.CO.ID, LA PAZ -- Ketua Federasi Sepak Bola Bolivia (FBF) Carlos Chavez ditangkap pada Jumat (17/7). Kantor kejaksaan setempat menuntutnya dengan tuduhan korupsi.

Pria yang juga menjabat sebagai bendahara Konfederasi Sepak Bola Amerika Selatan (CONMEBOL) itu melakukan korupsi dari pertandingan amal untuk penggemar yang meninggal dalam laga internasional Bolivia pada 2013. Menurut kantor berita ABI seperti dikutip Reuters, uang dari hasil laga amal itu tak pernah sampai ke keluarga penggemar yang menemui ajal itu.

Kejaksaan juga menangkap Sekjen FBF Alberto Lozada. "Tuduhan yang sedang diselidiki adalah organisasi kriminal, legitimasi laba terlarang, penggunaan pengaruh untuk hal tak baik... dan penipuan," kata Jaksa Agung Bolivia Ramiro Guerrero dalam sebuah pernyataan.

Menurut Guerrero lebih dari 40 orang telah bersaksi dalam investigasi yang dimulai pada 1 Juni.

Pengacara Chavez, Jaime Tapia menyebut penangkapan ini memalukan. Ia mengatakan pihak berwenang seharusnya mendengarkannya sebelum melakukan penahanan.

Pihak berwenang Bolivia tidak bisa dimintai komentar perihal keterkaitan penangkapan ini dengan kasus serupa yang menimpa sejumlah pejabat FIFA yang sedang ditangani pihak berwenang AS

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement