Jumat 24 Jul 2015 16:58 WIB

Miliarder Asal Korsel Calonkan Diri Jadi Presiden FIFA

Rep: C31/ Red: Citra Listya Rini
FIFA
Foto: EPA/STEFFEN SCHMIDT
FIFA

REPUBLIKA.CO.ID, SEOUL  --  Mantan Wakil Presiden FIFA Chung Mong-joon berencana untuk secara resmi mengumumkan pencalonannya sebagai Presiden FIFA. Pencalonan ini akan dilaksanakan selama kunjungan ke Eropa di bulan Agustus.

“Ini tidak akan mudah, tapi saya pikir mungkin ada hasil yang baik jika saya mencoba cukup keras,”kata Chung terkait pencalonannya dilansir dari ESPN, Jumat (24/7). 

Chung juga percaya jika FIFA menjadi lebih korup setelah ia kehilangan pekerjaannya sebagai wakil presiden tahun 2011.

FIFA telah menetapkan tanggal 26 Februari 2016 sebagai tanggal pemilihan untuk menggantikan Presiden Sepp Blatter. Chung berpendapat seorang pemimpin dari golongan non Eropa akan membawa  nuansa baru ke FIFA.

Chung sendiri dianggap sebagai juru  kunci dalam membantu hak Korea Selatan untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia 2002. Ia menjadi wakil presiden FIFA selama 17 tahun dan dianggap sebagai calon yang berhasil sebelum kalah pada tahun 2011.

Miliarder keturunan kelompok usaha Hyundai ini juga  telah menjadi anggota parlemen Korea Selatan dan calon presiden. Presiden UEFA Michel Platini, Mantan bintang Brasil Zico, dan  Presiden Federasi Liberia Musa Bility juga  disebut-sebut menjadi kemungkinan pesaing untuk memperebutkan kursi presiden FIFA.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement