Ahad 09 Aug 2015 09:19 WIB

Sampai Jumpa Rafael

Rep: c18/ Red: Fernan Rahadi
Bek Rafael da Silva.
Foto: Nairaland
Bek Rafael da Silva.

REPUBLIKA.CO.ID, LYON -- Peryataan yang dirilis melalui situs resmi Lyon, mengumumkan jika Rafael da Silva telah resmi hengkang dari Manchester United dan berlabuh ke klub raksasa Liga Perancis. Pemain berdarah Brasil tersebut diikat kontrak hingga Juni 2019 mendatang dengan mahar sebesar Rp 52 miliar.

Nama besar Rafael bukan tidak lain karena asuhan tangan dingin Sir Alex Ferguson, kala itu Ferguson mendatangkan Rafael beserta saudar kembarnya Fabio dari klub Brasil Fluminense pada pertengahan tahun 2008. Dirinya membantu Setan Merah meraih tiga gelar Liga Primer Inggris. Namun, semenjak kepergian Ferguson pada 2013, Rafael gagal mengamankan posisi utama dalam skuad United.

Pada periode kepelatihan David Moyes musim 2013/14 nama Rafael masih menjadi andalan sisi kanan pertahanan United. Namun, Moyes tak bertahan lama di panggung Old Trafford, pria asal Skotlandia ini akhirnya digantikan oleh sosok Louis van Gaal arsitek sepakbola yang sudah lama malang melintang di dunia si kulit bundar bersama Timnas senior dan klub-klub besar.

Tak pelak kedatangan meneer Belanda dan jajaran barunya membuat waktu bermain Rafael di lapangan kian menurun. Hal itu disebabkan Rafael jarang mendapat kesempatan. Mantan pelatih Ajax Amsterdam itu lebih memilih menurunkan Luis Antonio Valencia pada posisi full back kanan dengan menduetkan Phil Jones dan Chris Smalling serta Daley Blind di palang terakhir barisan pertahanan United.

Apalagi awal musim ini, United sudah mendatangkan full back asal Italia, Matteo Darmian. Tidak hanya menyingkirkan Rafael, bek yang dibeli dari Torino itu juga berpotensi menggeser posisi Valencia. Bisa jadi, kapten timnas Ekuador itu akan kembali ke posisi aslinya yaitu pemain sayap kanan.

Awal pekan ini, Rafael menuliskan kata perpisahan kepada United melalui akun twitter pribadinya. "Saya ingin berterima kasih kepada seluruh fan Manchester United untuk semua cintanya selama delapan tahun ini," tulis Rafael. "Saya juga ingin berterima kasih kepada semua karyawan yang selalu memperlakukan saya dengan penuh kasih sayang dan memberi saya perhatian yang lebih besar."

Pihak Lyon pun telah merilis pernyataan resmi melalui situs resmi mereka, "Olympique Lyonnais menginformasikan kesepakatan dengan Manchester United untuk transer pemain internasional Brasil, Rafael da Silva yang akan menandatangani kontrak bersama Lyon selama 4 tahun hingga 30 Juni 2019 mendatangan. Proses itu akan rampung dalam beberapa hari kedepan," tulis situs tersebut, seperti dilansir Telegraph, Rabu (5/8).

Meski 'dibuang', cinta Rafael terhadap MU ternyata tidak surut. Itu dibuktikan kala pria berusia 25 tahun tersebut disuruh untuk memilih nomor punggung yang bakal dikenakan di Lyon. Lantas dirinya memilih nomor punggung 20. Para fans United pun terlihat kecewa dan sedih dalam kepergian Rafael dari Old Trafford, itu terlihat dari akun resmi Rafael. Mereka membarikan kata perpisahan terakhir untuk sang pemain.

"Saya memilih nomor punggung 20 karena kami (United) telah  memenangkan 20 gelar juara (Liga Primer)," katanya seperti dikutip dari Metro.

Wujud kecintaan Rafael masih tersimpan dalam dirinya, walau saat ini ia tidak lagi membela dan berseragam Manchester United, Rafael masih memendam dan menyimpan hasrat kecintaan (loyalitas) terhadap klub kota Manchester 'Merah' tersebut. Kenangan manis bersama rekan setim dan sang pelatih akan menjadi masa-masa yang indah bagi Rafael. Namun, saat ini ia harus beradaptasi dengan sepakbola Perancis. Sampai jumpa Rafael.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement