Rabu 19 Aug 2015 19:45 WIB

Empat Pemain Semen Padang Dipinjam Mitra Kukar

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Muhammad Hafil
Pemain Semen Padang latihan di Stadion Haji Agus Salim, Padang, Selasa (27/1).
Foto: Antara
Pemain Semen Padang latihan di Stadion Haji Agus Salim, Padang, Selasa (27/1).

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG -- Manajemen Kabau Sirah Semen Padang meminjamkan empat pemainnya untuk mengikuti Piala Presiden kepada Mitra Kutai Kartanegara (Mitra Kukar).

"Mitra Kukar pinjam empat pemain kita," kata Direktur Teknik Semen Padang FC, Asdian di Padang, Sumatra Barat (Sumbar), Rabu (19/8).

Asdian mengatakan, pemain sengaja dipinjamkan hanya untuk Piala Presiden. Dikatakannya, para pemain ini masih terikat kontrak dengan manajemen Semen Padang FC. Ia menuturkan, para pemain-pemain tersebut adalah Eka Ramdani, Airlangga Sucipto, Hendra Bayauw dan Saepuloh Maulana.

Sebab, dikatakannya, tim berjuluk Kabau Sirah ini tidak ambil bagian dalam Piala Presiden. Sehingga, para pemainnya yang masih diliburkan oleh manajemen dipersilahkan mengikuti turnamen bersama klub lain.

"Kita paham kondisi pemain. Mereka butuh bermain dan butuh pendapatan yang jelas juga," ujarnya.

Sebelumnya, akibat pembekuan PSSI oleh Menteri Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) RI Imam Nahrawi, Manajemen Kabau Sirah Semen Padang meliburkan semua pemain dan pelatihnya. Bahkan, gaji pemain hanya dibayar 20 persen dari total upah.

Setiap bulan, sponsor utama tim Kabau Sirah yaitu PT Semen Padang mengeluarkan sejumlah Rp 400 miliar. Namun, pada Juli ini, Manajemen Semen Padang tidak lagi membayarkan gaji para pemain karena kondisi keuangan yang semakin kritis.

Sementara itu, pelatih Mitra Kukar, Jafri Sastra menuturkan, dirinya memboyong sejumlah mantan anak asuhnya di Semen Padang FC ke Mitra Kukar. "Secara psikologi, karakter, mentalitas dan komunikasi kita sudah ada kedekatan," ujarnya.

Sehingga, menurutnya, tim yang akan berlaga dalam Piala Presiden ini dapat cepat menjalin kekompakan. Sebab, kata dia, waktu persiapan untuk mengikuti turnamen Piala Presiden sangat mepet. Jafri mengatakan, manajemen Mitra Kukar sebelumnya berusaha memanggil 21 pemainnya. Sayangnya tidak semua pemain dari tim yang berjuluk Naga Mekes itu datang memenuhi panggilan.

"Kita sebagai pelatih diminta untuk mencari pengganti. Makanya agar cepat solid, saya membawa mereka (pemain Semen Padang)," tuturnya menambahkan.

Klasemen Liga 1 2024/2025
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
1 Pusamania Borneo Pusamania Borneo 5 4 1 0 9 7 13
2 Persebaya Surabaya Persebaya Surabaya 5 4 1 0 6 4 13
3 PSM Makassar PSM Makassar 5 3 1 1 8 5 10
4 Persib Bandung Persib Bandung 5 2 3 0 9 4 9
5 Bali United Bali United 5 2 2 1 5 2 8
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement