Rabu 26 Aug 2015 06:36 WIB

Santa Cruz Kembali ke Malaga

Rep: Bambang Noroyono/ Red: Israr Itah
Roque Santa Cruz
Roque Santa Cruz

REPUBLIKA.CO.ID, MALAGA -- Mantan penyerang Malaga Roque Santa Cruz memilih kembali merumput di La Liga. Keputusan itu diambil pemain 34 tahun tersebut setelah ia diminta kembali untuk mengenakan seragam Los Boquerones. Sebelumnya Santa Cruz memilih hijrah ke klub Meksiko Cruz Azul.

AS mengabarkan Cruz setuju untuk kontrak satu tahun bersama Malaga dengan nilai transfer sebesar 1 juta euro atau setara dengan Rp 16 miliar. "Santa Cruz diizinkan untuk meninggalkan Cruz Azul dalam pekan ini," demikian dilansir Football Espana, Rabu (26/8).

Stadion La Rosaleda di Malaga bukanlah tempat asing bagi Cruz. Pemain jangkung dengan tinggi hampir dua meter ini pernah membela klub yang pada musim La Liga 2014/2015 itu, berada di papan tengah klasemen. Pada musim La Liga 2012/2013, Cruz membela Malaga dengan status pinjaman dengan memberikan sumbangan delapan gol dari 31 penampilannya.

Pada musim 2013/2014, Malaga mengontrak permanen pemain berangka punggung 9 itu, dan memberikan sumbangan sembilan gol dari 43 kali penampilannya. Pada Desember 2014, pelatih Malaga Javi Gracia memilih untuk melegonya ke Cruz Azul lantaran umurnya.

Memang untuk ukuran pemain sepak bola, Cruz sudah tak lagi muda. Pada Agustus 2015 ini, pemain asal Paraguay itu genap berusia 34 tahun. Dalam catatan kariernya, Cruz bergonta-ganti seragam kesebelasan. Karier profesionalnya dimulai ketika pada 1999. Di tahun itu dirinya gemilang merumput di Bundesliga dengan berseragam Bayern Munchen, .

Cruz juga pernah merumput di Liga Primer dengan seragam Manchester City pada 2009, setelah membela Blackburn Rovers sejak 2007. Namun penampilannya bersama City tak mampu melejitkan kariernya. Bersama City, dari 20 kali penampilan ia hanya mampu mencetak tiga gol.

Pada akhirnya, di 2011, City memulangkan Cruz ke Rovers dengan status pinjaman. Tak betah di Rovers, dirinya pun dipinjamkan ke La Liga dan berseragam Real Betis. Setahun setelahnya, Cruz hadir di Malaga.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement