Ahad 30 Aug 2015 12:33 WIB

Dortmund Ingin Jaga Tren Positif

Rep: c17/ Red: Fernan Rahadi
Para pemain Borussia Dortmund merayakan gol ke gawang Borusia Monchengladbach.
Foto: REUTERS/Ina Fassbender
Para pemain Borussia Dortmund merayakan gol ke gawang Borusia Monchengladbach.

REPUBLIKA.CO.ID, DORTMUND --  Laga pekan ketiga Bundesliga 2015/16 kembali menyajikan partai menengangkan. Kali ini Borussia Dortmund harus menjamu tamunya Hertha Berlin di Signal Iduna Park, Ahad (30/8).

Penampilan impresif yang disuguhkan anak-anak Thomas Tuchel dari awal musim membuat rasa percaya diri para fans menggebu. Bukan tidak mungkin jelang melawan Hertha Berlin para fans akan memadati seisi stadion kebanggaan tim.

The Black Yellow dinilai bermain cukup positif dalam beberapa pekan ke belakang, setelah mampu menindas lawan-lawannya di BUndesliga maupun Liga Europa. Kali ini menjamu Hertha Berlin, skuat Thomas Tuchel tersebut wajib mengamankan poin penuh guna menjaga konsistensi penampilan mereka.

Permainan menyerang dengan bertumpu pada deretan gelandang enerjik seperti Shinji Kagawa, Henrikh Mkhitaryan ataupun Marco Reus, dapat menjadi dinamo penggerak Dortmund membangun serangan. Dominasi penguasaan bola yang diprediksi mampu diambil alih Dortmund wajib diikuti penampilan efisien dari Pierre-Emerick Aubameyang selaku penyerang andalan di lini depan.

Walaupun demikian, permasalahan bisa saja muncul bagi tuan rumah jika menilik jadwal mereka menghadapi penyisihan Liga Europa. Kebugaran pemain tentunya menjadi pokok perhatian penting, terutama menyangkut koordinasi sektor pertahanan. Konsentrasi Mats Hummels beserta pemain belakang lainnya, harus tetap terjaga sepanjang 90 menit berlangsungnya laga nanti, terlebih ketika tim tamu melakukan serangan balik secara cepat.

Tuchel mengaku sangat puas melihat aksi yang diperankan oleh Shinji Kagawa dalam kemenangan 4-0 atas Ingolstadt, Ahad (23/8) kemarin. "Saya senang melihat penampilan Kagawa karena dia pantas mendapatkan sanjungan tersebut. Dia bekerja sangat keras di babak kedua, menciptakan banyak peluang dan mengatur tempo lagi dan lagi," ujar Tuchel kepada Sky Sports, awal pekan ini.

Sementara itu, pemain bertahan Die Borussen, Marcel Schmelzer menyatakan saat ini tim sedang dalam performa terbaiknya. Dirinya pun mengajak rekan setim untuk mempertahankan level penampilan demi terus berada di atas Bayern Muenchen di papan klasemen. "Kami tidak ingin membuang poin lagi, jadi sangat penting kami main fokus seperti hari ini," kata pemain yang berposisi sebagai bek kiri itu. "Kami melakukannya dengan sangat baik. Dortmund yang sebenarnya adalah seperti kami bermain di Ingolstadt, pekan lalu melawan Borussia Monchengladbach dan di babak kedua pertandingan kualifikasi Liga Eropa melawan Odd," tegasnya.

Dortmund untuk sementara menghuni puncak klasemen setelah meraih dua kemenangan dari dua pertandingan perdana dengan mengantongi enam poin. Di sisi lain, Hertha Berlin cukup bersusah payah kala bermain imbang dengan Werder Bremen di pertandingan terakhirnya, sehingga pasukan Pal Dardai kurang diunggulkan saat menyambangi Signal Iduna Park. Meskipun demikian, pelatih Pal Dardai pastinya tidak gentar terhadap ancaman tuan rumah dan siap menginstrusikan pemain asuhannya untuk tampil menyulitkan sang lawan.

Armada Die Alte Dame bisa saja mengandalkan Fabian Lustenberger sebagai kapten sekaligus bek tengah andalannya, koordinasi wajib terjalin secara baik antar punggawa pertahanan dari kubu Hertha Berlin. Tugas berat berikutnya akan berada di pundak para pemain tengah seperti Valentin Stocker, Jens Hegeler maupun Genki Haraguchi ketika berupaya mengimbangi dominasi penguasaan bola oleh pemain tuan rumah.

Berada dalam tekanan pemain lawan, membuat serangan balik menjadi strategi terbaik bagi tim tamu agar dapat memberi kejutan kepada lawannya. Kecepatan Salomon Kalou selaku penyerang tunggal di lini depan Hertha Berlin, perlu memperoleh perhatian khusus dari pemain belakang Borussia Dortmund  Rekor pertemuan kedua kesebelasan memang menunjukkan hasil cukup berimbang dimana Hertha Berlin terlihat mampu mengalahkan Borussia Dortmund sebanyak dua kali dalam lima perjumpaan terakhir.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement