Selasa 01 Sep 2015 06:35 WIB

Suporter Bundesliga Jerman Tunjukkan Solidaritas untuk Imigran Suriah

Rep: C27/ Red: Citra Listya Rini
Sepak bola
Foto: devianart
Sepak bola

REPUBLIKA.CO.ID, DORTMUD -- Suporter sepak bola Jerman mengajak para imigran Suriah menonton pertandingan si kulit bundar bersama-sama. Ini merupakan upaya menggalang solidaritas dan menekan xenophobia danyang tersebar di daratan Eropa.

"Menakjubkan. Adegan inspirasi di lapangan sepak bola Jerman akhir pekan ini. Pengungsi (imigran Suriah) menyambutnya," kata rekan dari KPMG dan blogger Paul Kirby di Twitter.

Kirby mengatakan aksi ini dilakukan untuk membantu para pengungsi merasa diterima menetap di Jerman. Upaya sambutan yang hangat ditunjukkan dengan membentangkan spanduk yang bertuliskan 'Selamat Datang Para Pengungsi'.

Dikutip dari OnIslam, Selasa (1/9), sehari sebelum dibentangkannya ucapan selamat datang, klub raksasa Jerman Borussia Dortmund mengundang 220 pengungsi untuk melihat aksi mereka di Liga Europa melawan klub asal Norwegia Odds Ballklubb.

Aksi-aksi sambutan ini menjadi upaya terkoordinasi untuk menerima warga imigran dan dengan tujuan memerangi kelompok anti-imigran. Sebelumnya telah terjadi banyak penolakan dari beberapa warga yang tidak terima dengan kehadiran para imigran.

Untuk menekan suara-suara negatif tersebut, banyak pula upaya yang diberikan untuk memberikan citra positif bagi wajah Jerman untuk kehadiran imigran. Diantaranya beberapa hari sebelumnya dilakukan demo oleh Anti-aliansi Nazi yang menyuarakan perlawanan terhadap xenophonbia.

Ada pula kelompok "Patriotik Eropa Terhadap Islamisasi negeri Barat" atau PEGINDA yang telah melakukan pawai mingguan sejak Oktober tahun llau. Mereka terus menyuarakan pembelaan untuk kaum Muslim dan para imigran.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement