Rabu 02 Sep 2015 15:46 WIB

Ternyata Rafinha Sempat Bujuk Thiago tak Perkuat Timnas Spanyol

Rep: C08/ Red: Israr Itah
Thiago Alcantara
Foto: AP/Donato Fasano
Thiago Alcantara

REPUBLIKA.CO.ID, BARCELONA -- Keputusan Thiago Alcantara untuk membela timnas Spanyol ternyata tak berlangsung mulus. Keluarga pemain berdarah Brasil ini meminta gelandang Bayern Muenchen tersebut membela tim Samba ketimbang Spanyol.

Ini disampaikan oleh adik Thiago, Rafinha Alcantara. Ia mengatakan awalnya Thiago tak mendapatkan restu membela Spanyol. Rafinha pun mengaku pernah membujuk kakaknya agar sebaiknya memilih Brasil yang merupakan tanah leluhurnya.

Akan tetapi, kata Rafinha, Thiago tak kuasa dengan bujukan pelatih Vicente del Bosque yang menginginkannya membela La Roja.

“Ayah saya dan saya selalu mencoba untuk mendorong dia berkomitmen ke Brasil, tapi kami tidak berhasil meyakinkan dia. Thiago memilih kesempatan untuk bermain untuk Spanyol," kata Rafinha, dikutip dari Four Four Two, Rabu (2/9).

Thiago membela timnas Spanyol U-16 pada 2007 hingga membuat debutnya di tim senior pada 2011. Keputusan Thiago ini disinyalir karena saat itu Spanyol merupakan juara bertahan Piala Dunia yang berisikan pemain-pemain yang sulit dikalahkan. 

Thiago menjadi bagian timnas Spanyol saat menjadi kampuin Euro 2012 di Ukraina dan Polandia, meskipun tak banyak dimainkan. Thiago kini masuk dalam skuat Spanyol dalam laga kualifikasi Euro 2016.

Melihat kiprah Thiago, Rafinha akhirnya malah mengikuti jejak kakaknya dengan memilih memperkuat Spanyol. Nama Rafinha saat ini ada dalam skuat Spanyol U-21. Namun ia masih punya peluang memperkuat Brasil karena belum pernah memperkuat timnas senior Spanyol.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement