Jumat 04 Sep 2015 21:30 WIB

Terapkan Fairplay, Serie B Italia Resmi Luncurkan Kartu Hijau

Rep: c11/ Red: Hazliansyah
FIFA Fairplay Logo
FIFA Fairplay Logo

REPUBLIKA.CO.ID, TURIN -- Pekan ini Serie B Italia akan menerapkan inovasi baru untuk membantu mempromosikan fairplay dalam sepak bola.

Pertandingan sepak bola kerap diwarnai pelanggaran yang dilakukan oleh pemain. Tentu akan ada ganjaran bagi yang melanggar aturan. Namun Divisi kedua Italia ingin memberikan penghargaan bagi setiap pemain yang mampu bermain secara sportif.

Surat kabar Italia La Stampa, dikutip dari Daily Mail, Jumat (4/9) menyatakan kartu hijau akan digunakan oleh wasit ketika seorang pemain layak mendapatkan pujian dibanding hukuman.

Pada pekan ini wasit Serie B akan membawa kartu hijau di lapangan bagi pemain yang berhak mendapatkannya. Kartu ini diharapkan akan membantu pertandingan demi petandingan, bukan untuk menampilkan pertempuran dalam pertandingan.

Adapun kartu merah dan kuning masih akan tetap ada untuk memberikan hukuman bagi pemain yang melanggar aturan. Kartu hijau dapat diberikan bagi pemain yang mengeluarkan bola di saat rekan setimnya mengalami cedera dan membutuhkan perawatan medis.

Tidak ada hadiah apabila mendapat kartu hijau dalam pertandingan, seperti tendangan bebas atau pinalti. Namun wasit akan mencatat pemain yang paling banyak menerima kartu ini dalam satu musim. Daftar dari para pemain yang mendapat kartu hijau akan dikompilasi, namun belum ada kepastian akan ada insentif atau tidak.

Skema ini telah dibuat dalam menanggapi arahan dari UEFA untuk mempromosikan fair play dalam sepak bola yang telah digunakan di Italian Youth Leagues.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement