Sabtu 05 Sep 2015 12:30 WIB

Ambisi Tim Matador

Rep: c08/ Red: Fernan Rahadi
Timnas Spanyol
Foto: AP
Timnas Spanyol

REPUBLIKA.CO.ID, OVIEDO -- Tim Matador Spanyol akan meladeni tim kuda hitam Slowakia dalam lanjutan kualifikasi Piala Eropa 2016 pada Ahad (6/9) dini hari nanti. Spanyol yang berstatus sebagai juara bertahan euro akan meladeni Slowakia yang diasuh oleh Jan Kozak di Estadio Nuevo Carlos Tartiere, Oviedo, Spanyol.

Jelang memasuki pertandingan ketujuh Grup C ini, tim yang diracik oleh Vicente Del Bosque itu tertinggaltiga poin dari calon lawannya Slowakia. Saat ini, La Roja berada di posisi kedua dengan 15 poin. Sedangkan Marek Hamsik dan kawan-kawan sudah membukukan 18 poin.

Karena itulah saat keduanya bentrok nanti, Spanyol mengincar kemenangan untuk menyapu poin penuh. Tambahan tiga poin akan membuat mereka bisa setidaknya mendampingi Slowakia di puncak klasemen. Status sebagai pemuncak klasemen di akhir kualifikasi akan membuat Spanyol terhindar dari tim unggulan pada babak penyisihan grup Piala Eropa yang akan diselenggarakan di Prancis.

Del Bosque pun sudah mengumumkan 23 pemain yang akan diturunkan melawan Perancis pada akhir Agustus lalu. Tidak ada kejutan yang dilakukan oleh mantan pelatih Real Madrid itu. Dari rilis pemain yang ia umumkan, sebagian masih nama-nama lama yang merupakan perpaduan antara bintang yang bermain di Liga Primer Inggris dengan pemain-pemain yang berkompetisi di La Liga Spanyol.

Dilansir dari Football Espana, ada tiga nama yang berbeda dari skuat yang dimainkan oleh Del Bosque pada laga sebelumnya, yaitu Diego Costa, Juan Mata dan Thiago Alcantara. Del Bosque pun girang karena ia membutuhkan tiga pemain tersebut untuk mewarnai kreasi serangan yang akan dibangun oleh Spanyol.

“Saya senang Costa bisa kembali bermain bersama kami. Thiago juga akan membuat permainan kami lebih bergairah,” ujar Del Bosque.

Akan tetapi khusus untuk Costa, pelatih 64 tahun itu sudah diingatkan manajer Chelsea, Jose Mourinho, agar tidak terlalu memforsir tenaga mantan bintang Atletico Madrid tersebut. Mou masih was was kondisi Costa yangt baru pulih dari cedera akan kambuh bila terlalu dipaksa bermain 90 menit penuh melawan Slowakia.

Untuk mengantisipasi itu, Spanyol akan mengandalkan penyerang muda Valencia Paco Alcacer serta penyerang Chelsea yang lain, Pedro Rodriguez. Del Bosque pun tidak ambil pusing dengan teguran Mourinho karena selama ini inti permainan Spanyol adalah kreasi para gelandang Spanyol yang lihai dalam membuka ruang untuk mencetak gol, sebut saja David Silva, Cesc Fabregas, dan Santi Cazorla. Pemain-pemain ini akan saling berjibaku untuk bisa mendominasi permainan dari Slowakia nanti.

Sementara Slowakia yang akan bertandang ke markas La Furia Roja nanti tentunyatak ingin melepaskan begitu saja tiga poin yang akan diperebutkan nanti. Slowakia yang sepanjang kualifikasi ini dikenal sebagai tim yang mengandalkan kolektivitas tim juga akan mencoba mencuri poin agar bisa tetap mempertahankan singgasana grup C.

Sadar timnya tidak banyak pemain bintang seperti Spanyol, pelatih Jan Kozak akan mengandalkan permainan tim yang terorganisir agar tidak mudah diobrak abrik pemain depan Spanyol. Hanya saja pelatih 61 tahun itu tetap mengharapkan kepemimpinan dari playmaker Napoli Marek Hamsik dan bek tengah Liverpool Martin Skrtel.

Sebab, raihan 16 poin yang membuat tim berjuluk the Tartan Army ini bercokol di puncak klasemen grup C banyak sedikitnya dipengaruhi oleh mentalitas yang ditularkan oleh dua pemain itu kepada semua skuat Slowakia.

Pada laga nanti, Slowakia diprediksi akan memanfaatkan momen serangan balik untuk bisa mencuri gol. Apalagi pola permainan Spanyol biasanya mengandalkan penguasaan bola yang sangat baik. tidak jarang, Del  Bosque juga akan menerapkan permainan tiki taka untuk memaksa semua pemain lawan turun ke jantung pertahanan.

 

Prediksi Susunan Pemain

 

Spanyol (4-2-3-1)

Pelatih: Vicente Del Bosque

Panjaga Gawang: Casillas

Belakang: Carvajal (kanan), Pique, Ramos, Jordi Alba (kiri)

Gelandang Bertahan: Busquets, Fabregas

Gelandang Serang: Silva (kiri), Iniesta, Pedro (kanan)

Depan: Costa

Slowakia (4-4-2)

Pelatih: Jan Kozak

Penjaga Gawang: Mucha

Belakang: Hubocan, Skrtel, Pekarik, Salata

Tengah: Hamsik, Weiss, Gregus, R Mak

Depan: Duda, Hrosovsky

 

Lima Pertandingan Terakhir Spanyol

15/6/2015    Belarusia    0-1    Spanyol

12/6/2015    Spanyol    2-1    Kostarika

1/4/2015    Belanda    2-0    Spanyol

28/3/2015    Spanyol    1-0    Ukraina

 19/11/2014    Spanyol    0-1    Jerman

 

Lima Pertandingan Terakhir Slowakia

15/6/2015    Slowakia    2-1    Makedonia

1/4/2015    Slowakia     1-0    Republik Ceko

28/3/2015    Slowakia    3-0    Luksemburg

18/11/2014    Slowakia    2-1    Finlandia

16/11/2014    Makedonia    0-2    Slowakia

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement