Ahad 06 Sep 2015 15:14 WIB

Jamu Bulgaria, Italia Incar Tiga Poin

Rep: Frederik Bata/ Red: Fernan Rahadi
Timnas Italia dalam laga persahabatan melawan Inggris
Foto: REUTERS/Giorgio Perottino
Timnas Italia dalam laga persahabatan melawan Inggris

REPUBLIKA.CO.ID, PALERMO -- Tembakan melengkung Eder Citadin berhasil menembus gawang Bulgaria yang dikawal Nikolay Mihaylov. Berkat aksi sang Oriundi debutan pada enam menit jelang bubaran, Gli Azzurri selamat dari kekalahan. Laga yang berlangsung di stadion Vasil Levski, Sofia, pada akhir Maret lalu berakhir dengan kedudukan 2-2.

Itulah sepenggal kisah dua keseblasan dari Grup H yang bertemu pada putaran pertama kualifikasi Piala Eropa 2016. Kini lima bulan telah berlalu, pada Senin, (7/9) dini hari WIB, laga antara Italia versus Bulgaria bakal terulang. Kali ini giliran Gli Azzurri bertindak sebagai tuan rumah. Stadion Renzo Barbera, kota Palermo didaulat sebagai tempat berlangsungnya partai panas ini.

Menilik asa tuan rumah yang ingin segera mengunci tiket ke Perancis, maka tiga poin menjadi harga mati. Apalagi saat ini Italia terlibat persaingan keras dengan Kroasia memperebutkan posisi pemuncak grup. Tak pelak fokus untuk mengunci kemenangan siap ditunjukkan Eder dan kawan-kawan.

Pelatih La Nasionale Antonio Conte optimistis mampu meraih hasil tersebut. Italia, menurut Conte harus menabung poin maksimal di semua laga tersisa. Sehingga tidak ada jalan lain lagi.

"Kami harus memenangkan semua pertandingan di sisa kampanye yang ada," kata eks allenatore Juventus ini dikutip dari situs resmi FIGC, tengah pekan lalu.

Untuk itu, Conte meminta semua anak asuhnya tampil lepas. Dengan begitu, Andre Pirlo cs, menurut dia dapat mengeluarkan kemampuan terbaik. "Kami telah bekerja keras, semua pemain saya harapkan bisa menunjukkan usaha yang lebih di lapangan," imbuh Conte.

Kendati demikian, sebelum laga kontra Bulgaria, kapten Gianluigi Buffon meminta rekan-rekannya agar tidak menganggap enteng  lawan. Semua tim yang bertarung di event internasional, menurut Buffon bisa memberikan kesulitan tersendiri. Senada dengan pelatihnya, pria yang akrab disapa Gigi ini mengharapkan armada Gli Azzurri bekerja keras saat berlaga.

"Kami mencoba melanjutkan perjalanan kami dengan tampil meyakinkan lewat hasil, usaha, dan kinerja," jelas penjaga gawang berusia 37 tahun itu dikutip dari Football Italia.

Demi menaklukkan Renzo Barbera, lini depan La Nasionale akan kembali bergantung pada Eder dan Stephan el Shaarawy. Nama Antonio Candreva layak dikedepankan juga.

Untuk mengawal area tengah, sepertinya Conte bakal menurunkan Pirlo dan Marco Verratti secara bersamaan. Dengan cederanya Claudio Marchisio, maka Thiago Motta diprediksi mengisi satu tempat dalam skema 4-3-3.

Lini belakang hampir pasti menjad milik Giorgio Chiellini dan Leonardo Bonucci. Duo Juventus itu siap menjadi tembok kokoh di depan Buffon. Ada nama Matteo Darmian sebagai kekuatan baru.

Dengan semua amunisi yang ada, Italia layak menjadi unggulan pada partai ini. Belum lagi dukungan publik sudah pasti membahana sepanjang 90 menit. Itu akan menjadi kekuatan tambahan bagi juara dunia empat kali itu.

Prediksi Susunan Pemain

Italia (4-3-3)

Pelatih: Antonio Conte

Kiper: Buffon

Bek kiri, kanan: Darmian, Florenzi

Bek tengah kiri, kanan: Chiellini, Bonucci

Gelandang kiri, tengah, kanan: Motta, Pirlo, Verratti

Penyerang kiri, tengah, kanan: Elshaarawy, Eder, Candreva

Bulgaria (4-3-2-1)

Pelatih: Ivaylo Petev

Kiper: Mitrev

Bek kiri, kanan: Minev, Bandalovski

Bek tengah kiri, kanan: Bodurov, Aleksandrov

Gelandang kiri, tengah, kanan: Dyakov, Popov, Gadzhev

Pneyerang lubang kiri, kanan: M.ALeksandrov, Manolev

Penyerang tunggal: Mitsanski

Lima Pertemuan Terakhir

29/03/15    Bulgaria    2-2    Italia

07/09/13    Italia    1-0    Bulgaria

08/09/12    Bulgaria    2-2    Italia

10/09/09    Italia    2-0    Bulgaria

12/10/08    Bulgaria    0-0    Italia

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement